this is the place where i poured stories of my life, my thoughts, my feelings also my ideas.
there's excitement, sadness, laugh, desperate, anger, happiness, and other kind emotions.
i just hope that we can learn something..

Thursday, March 04, 2010

old tee + applique = ladybug dress


liat deh gayanya noelle, dia nonton TV (sesame street di ABC1, weekdays 8.30) dan gk mau denger mamanya minta dia pose yang cantik pake dress buatan tangan mamanya.. yang ada gitu deh, nyender semaunya, sampai2 ladybug yang ada di dress nggak bisa keliatan dengan jelas.. :(

dress hitam ini lagi lagi berbahan baku kaos lama saya, kaos olahraga reebok yang ada bolongnya di ketiak (keringat saya dahsyat juga ya hehe) jadi saya malas untuk memakainya lagi dan karena ada gelombang semangat wardrobe refashion akhirnya saya putuskan jasad kaos reebok itu dibangkitkan lagi menjadi dress untuk nonik.. agak aneh juga ngeliat dia pakai baju warna hitam, dress pula.. jadi kayak cewek yang udah besar pake LBD tapi bener dink, ini juga LBD tapi Lady Bug Dress :p

berikut ini tutorialnya, sebenernya saya pengen posting soal sewing/crafting ini dalam bahasa inggris tapi sayangnya saya masih belum ngerti kosa kata dunia jahit menjahit jadi tetep pake bahasa indonesia aja..

bahan : satu kaos (saya pake ladies tee), satu aplikasi, gunting, benang hitam, benang putih untuk tusuk jelujur/baste seam, jarum pentul.

masih sama seperti kasus old tank top yang berubah jadi dress nautikal, saya membuat dress ini tanpa pattern jadi main gunting dengan perkiraan baju noelle yang sekarang ditambah sedikit lebarnya (she's a cubby tot) supaya masih muat sampai summer mendatang, mudah2an..

step by step
1. gunting gunting bodi, kerung leher dan lengan. saya pengen buat dress A line dengan upper body raglan tapi lengannya kerut supaya girly.. jadi dari satu potong ladies tee saya dapet 2 lembar bodi (depan dan belakang), sepasang kelepak lengan, dan oh iya binding leher jangan dibuang tapi diidedel perlahan-lahan supaya nanti bisa dipasang lagi jadi kerung leher dress ini..

2. lembaran lengan dijahit jelujur untuk jadi kerut, bagian upper body dan lengan disambung, kemudian buat kerut dengan jelujur untuk neck line depan belakang, baru dibinding pake binding leher.

3. untuk binding leher, kalau saya pakai jelujur dengan benang putih, setelah semuanya tersambung baru nantinya ditindis pake jahitan mesin jahit yang lebih konsisten dan lebih kuat..

4. bodi samping juga disambung, masih pake jelujur, baru deh dressnya kelihatan bentuknya.

5. si nonik menjajal LBD-nya.. tampangnya kayak nggak puas ama hasil jahitan mamanya :D

6. Lady Bug Dress setelah dijahit pakai mesin jahit dan dipasang aplikasi ladybug merah (beli di BIG W, 2 dolar). aplikasinya dikasi judul IRON ON, tapi ternyata lem-nya keliatan gk kuat jadi saya jahit juga, tapi pakai tangan, lebih leluasa dan lebih rapi juga.

No comments: