this is the place where i poured stories of my life, my thoughts, my feelings also my ideas.
there's excitement, sadness, laugh, desperate, anger, happiness, and other kind emotions.
i just hope that we can learn something..

Friday, June 12, 2009

love at the first sight.. with enoki..


gara2 reality tv masterchef australia, gw liat juga tuh cara masak enoki.. keluarga jamur yg keliatanya renyah lezat gitu.. gw search di internet di webnya bionicfarm.com disebutkan bahwa jamur enoki sangat bernilai di asia dan relatif dipertimbangkan menjadi pendatang baru di pasar jamur komersial. enoki punya kandungan gizi dan vitamin yang tinggi, antara lain vitamin B1, B2 dan E.

enoki juga berkhasiat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah, dapat mencegah tekanan darah tinggi dan penyumbatan pembuluh darah. selain itu, jamur berbentuk langsing panjang itu berkhasiat dalam mengurangi rasa lelah dan menurunkan kelebihan berat badan dengan cara memperbaiki sistem metabolisme dalam tubuh (pas banget buat gw yg gembil abadi, kali2 bs jd langsing krn enoki hihi). enoki sangat baik sebagai campuran dalam salad dan sangat populer sebagai salah satu bahan dalam campuran shabu-shabu.

naaah critanya gara2 nonton masterchef, gw liat deh yg namanya keluarga jamur, mulai dari shitake m, oyster m, shimeji m, abalone m, merang, dan enoki ini.. yg paling cantik bentuknya enoki deh, bikin gw penasaran dan pengen nyobain..

so, pas grocery shopping di asian groceries gw liat si enoki ini, walo blom tau mo diapain gw ambil juga sebungkus kemasan 200gr ($2.5) dengan mental note utk browsing internet utk cari resep.. ternyata rata2 dia di campur dalam shabu2, hotpot, sukiyaki gt deh (sama spt saran mbak andriek).. ada juga yg dibikin kayak springroll tp dibungkus/iket pake bacon/smoked beef.. hmm

berhubung dr awal gw liat di masterchef si enoki ini di stir-fry akhirnya gw coba juga deh.. niatnya buat bekal makan siang abenk (deu, suami jd kelinci percobaan), tumis bayam+red paprika+enoki.. warnanya italia hasilnya asia hehehe.. bumbu cuma bawang putih dan saus tiram aja, merica dikit but no salt krn saus tiram ud ada garamnya..

bekal abenk hr ini ayam dan tahu goreng, dengan sayur enoki and the gank ini lah.. tdnya gw pikir gw bakal makan ini utk lunch, setelah gw pikir2 masakan tumisan kan lbh enak dimakan gk lama stlh dimasak.. sooo, gk pake lama gw sarapan nasi ngepul2, tahu goreng dan stirfried enoki.. yummy!!!

No comments: