this is the place where i poured stories of my life, my thoughts, my feelings also my ideas.
there's excitement, sadness, laugh, desperate, anger, happiness, and other kind emotions.
i just hope that we can learn something..

Thursday, May 18, 2006

ikutan yuk, jd donor darah..

hari ini gw ama ella ngedonor darah di UTD DKI Jakarta, ini udah sesuai ama jadwal tiga bulanan.. pan trakhir kami ngedonor teh bulan februari, cuma kami telat kira2 8 hari.. gw thea pas tanggal 10 masih period jd tidak layak utk ngedonor..
as usual, kami daftar di meja penerimaan dengan ngisi form, lalu di tes darah untuk liat hb (klo tenggelem artinya darah lu bagus dan boleh didonorin) dan golongan darah. kali ini gw milih jari manis tangan kiri untuk ditusuk ama mbak petugas. cuma jarum kecil dan setetes darah sih, tapi after effectnya biasa jadi jd ngilu2 gk jelas gtu hehe btw gw rada bete soale kartu gw lenyap hmm, untung lah gw inget nomer pendonor gw, 581288.. itu gw dapetin dari database di ruang dokter yg meriksa tensi gw.. gw sehaaat, padahal siangnya gw rada migren.. dan karena gw sehat, gw yakin banget minta upgrade darah yg bakalan gw donorin adalah 350 cc alias kantong terbesar..
gw ma ella digiring ke bed yg paling ujung, petugasnya aris. dia mengerjakan prosedur terhadap ella duluan, things didn't proceed well, darahnya ella netes2 doang.. giliran gw mah lancar, dan saat itu darah ella blm terkumpul banyak msh 1/4 kantong (250 cc) she was in pain -gw liat jarumnya gk wajar, kya nyongkel urat di bawah kulitnya- dan darahnya menghitam alias beku.. lalu si mas mengeluarkan ide untuk ganti tangan..
ella terpaksa ganti bed dan ganti tangan, jauh deh ama tempat gw.. lalu stelah gw kelar, gw samperin ke bed dia, masih gk lancar jg, sampai akhirnya ada petugas ibu2 yg trampil bgt dan membuat darah ella lancar mengalir dan dia bisa ngumpulin 250 cc.
malam ini memang malam trouble, soale cewe yg disamping ella mengalami pertumpahan darah. gk jelas gmana critanya, dia kelar lalu mau ambil kartunya tapi tiba2 siku, baju putih dan clana jinsnya serta lantai ruangan pada ketetesan darah si cewe itu. "duh, jadi ada pertumpahan darah gini," kata gw.. entah ya kenapa, mungkin pas apes aja kami kok bisa2nya malem itu dapet kejadian gk enak..
sesudahnya, kami makan, tapi bukan indomi, telur dan susu yang disediakan pmi melainkan nasi uduk ayam yang dijual di depan pmi kramat itu. suedaap banget, Rp9000 ude lengap nasi, ayam, tempe, sambel dan lalapan serta es teh manis. yang pasti gw kuenyang in a good way.. hehe ella yang sempet pusing dan cranky karena malpraktek tadi jd terhibur dan membeli 3 buah bakpao kacang ijo..
gw jd mikir, td tuh dia cranky ato laper ya? hihihi
di kartu pmi itu, kami diundang untuk donor lagi bulan agustus.. gw nanti donor ama abenk ah, udah lama banget gk donor bareng.. taun lalu doang, tepat 17 agustus hehehe
eh iya, ini trivia aja, yang nemuin golongan darah pada manusia adalah landsteiner. dia nemuin 3 dari 4 golongan darah dalam ABO system pada tahun 1900 dengan cara memeriksa golongan darah beberapa teman sekerjanya. percobaan dilakukan dengan melakukan reaksi antara sel darah merah dan serum dari donor. hasilnya adalah dua macam reaksi dan dan satu macam tanpa reaksi. dia buat kesimpulan, ada dua macam antigen A dan B di sel darah merah yang disebut golongan A dan B, atau samasekali tidak ada reaksi yang disebut golongan O.
nah, darah AB itu ditemukan oleh von de castello dan sturli pada tahun 1901 yang menemukan golongan darah AB di mana kedua antigen A dan B ditemukan secara bersamaan pada sel darah merah sedangkan pada serum tidak ditemukan antibodi.

dalam dunia perdonordarahan, ada peraturan bahwa nyumbangin darah itu sebaiknya dilakukan secara teratur, empat sampai enam kali per tahun. tp seinget gw udangan tuh tiga bulanan deh, lantas siapa yang bisa ngedonor dua bulan sekali ya?
gw pengen deh encourage orang2 supaya jd donor darah, syaratnya kan gampang, asal usia 17 sampe 60 tahun, berat badan minimum 45 kg, temperatur tubuh : 36,6 - 37,5 C (oral), tekanan darah baik, yaitu: Sistole = 110 - 160 mm HgDiastole = 70 - 100 mm Hg, denyut nadi teratur 50 - 100 kali/ menit, hemoglobin cewe minimal = 12 gr % sementara cowo minimal = 12,5 gr %. dan di atas itu semua, syarat utama adalah niat dan kesempatan .. (wow, bang napi sekaleeee). i mean, walopun lu layak jd donor, tapi lu gk mau ya gk mungkin ngedonor kan? pun klo lu udah niat, tp gk sempet2 ya sama aja, darah lu gk kemana2 cuma muter aja tanpa ada reproduksi darah segar...





No comments: