this is the place where i poured stories of my life, my thoughts, my feelings also my ideas.
there's excitement, sadness, laugh, desperate, anger, happiness, and other kind emotions.
i just hope that we can learn something..

Tuesday, May 09, 2006

review buku mbak andri, Ata Mai..

kali ini gw mau ngereview buku yang gw baca bbrp waktu lalu, yaitu buah karya mbak andrie yang judulnya "ata mai" -ini bahasa flores yg artinya sang pendatang-.. buku ini menurut gw cucok masuk kategori roman -gak keliatan dari covernya ya? hehe-
tokoh sentral dalam buku ata mai adalah lila, si cewe yang pinter dan mandiri serta punya cita2 setinggi langit. dia gawe di semacam lsm gitu dan kebagian penelitian tentang masyarakat yang tinggal di ende. kedatangan lila ke ende itu bikin satu cowo -namanya sam- yang sebelumnya pernah bersumpah untuk gak akan menikah karena dikecewain tunangannya -thea- yang menikah dengan laki2 yang belakangan ketauan ternyata abusive.
so, cinta itu seperti air laut, kadang pasang di saat yang lain surut. tekad sam dengan sumpahnya itu kandas setelah mengenal lila. keluarga sam seneng lah, sam si guru yang sudah cukup umur (36th) itu seperti punya gandengan. btw, lila ini gw bayangin sbg mbak andri while sam itu -based ama deskripsi buku- yg kebayang denzel washington, tau sendiri kan nyong2 dari indotimur itu rata2 hitam manise haha
balik lagi ke percintaan dua manusia itu, lila yang cerdas, manja, berambut lurus-legam, dan cantik tentunya itu datang ke ende untuk riset selama enam bulan di sana dan tinggal di rumah keluarga sam. awal kontak mereka rada aneh, sam yang dingin (sok cool kayanya) kena batunya pas malam pertama lila di rumahnya. kondisi kamar mandi yang di luar rumah utama bikin lila bingung pas pengen pipis malem, apalagi gk tau saklar dimane, alhasil dia pipis gelap2an dan tiba2 ada suara orang. pas lila tanya siapa itu, gak ada jawaban. lila langsung mengguyur aer ke arah orang itu, pas banget lampu kamar mandi nyala. it was sam, wet from the face down to his chest and belly.. keruan lila refleks ngelus tubuh yang basah itu (pg.30). tp -too bad- nothing sexually happened ya.. haha trus ada juga kejadian pas lila di desa lio untuk riset, dia mau pipis dan harus ke communal bathing/washing place -kayanya lila menderita infeksi kandung kemih soale pipis mulu hehe-. di tempat itu, lila ketemu ama ular segede betis anak kecil, dan lagi2 si sam yang nyelamatin lila, pake acara ngegendong segala pula (pg.82-83) well, dari situ keduanya makin lengket, terlebih karena banyaknya dukungan dari orang-orang terdekat.
tapi, disaat yang sama, lila teringat ama bimo -gk jelas pacar ato ttm doang-. lila ngerasa jatuh cinta ama bimo, teman dekat yang jago menguntai kata tapi -too bad- berada nun jauh di jakarta. akhirnya si lila milih sam -gw jadi inget ama pengalaman gw sendiri nih-. dan saat kembali ke jakarta pun, lila berupaya setia ama sam, termasuk saat lila dapet tugas ke jepang dan ada bule yg trying to hitting on her, dia teteup cinta ama sam. mbak andri nulis ini dengan mencitrakan perempuan yang setia. novel ini juga mengungkap bahwa di ende (dan juga suku laen) status sosial lelaki yang semakin tinggi akan membuatnya boleh/bisa/wajar menikahi lebih dari satu perempuan.
eh gw nulis gk runut gini, gmana bisa jd book critics nih? anyway, yang gw buru pas baca buku ini adalah ending kisah lila dan sam, harapan gw they got married and living hapily ever after.
well, lila dapet tawaran kerja ke canada, mau gk mau sam harus nunggu walopun mrk sempet engage di jakarta pas sam dan keluarga melamar ke mamanya lila-. turns out, jarak antara ende dan ottawa telah membuat kualitas hubungan mereka berubah. pas lila datang lagi ke ende, si sam jadi kikuk dan berjarak ama lila -tunangannya, for crissake- lila ngerasa dia jadi ata mai sekali lagi walopun dua taun sebelumnya udah mingle ama orang setempat. endingnya, lila adu mulut ama mercy, murid sam yang dari dulu kentara demen ama pak gurunya itu. mercy secara kurangajar bilang ama lila supaya menjauhi sam. sam maupun audience did nothing and finally, kaya' tentara kalah perang, lila memilih kembali ke jakarta with her bleeding heart. cerita cinta emang tak harus berakhir bahagia, buat gw mbak andri berani ambil keputusan untuk ngasi ending seperti ini mungkin dengan maksud ngasi imajinasi tersendiri kepada pembaca untuk meneruskan, ato mungkin juga ini bekel buat sekuelnya.. waktu itu mbak andri bilang emg ada rencana bikin sekuel, tapi titik berat ke lila dan mamanya..
gw sempet kritik bahwa buku itu alurnya lambat banget di 3/4 ceritanya, sisanya ujug2 ngebut mulai dari konfrensi lila di jepang, balik jakarta, studi di canada ampe akhirnya lila balik ke ende nemuin kekasihnya yang kikuk itu.. mbak andri bilang, dia hrs cut krn critanya panjang banget makanya buku di split dua dan sekuelnya tentang si ibu dan anak.. hmm, gw jadi gk sabar kira2 seperti apa sekuelnya.. anyway, saking penasarannya ama buku itu -gw baca disela2 nunggu pemeriksaan tersangka/liputan sidang/perjalanan- gw pan bela2in baca ampe malem jam satu or dua, dan begitu kelar langsung gw kirim sms ke mbak andri yang berisi nota protes.. hahaha

2 comments:

Unknown said...

Mba, kira2 buku tersebut bisa saya beli dimana? Makasi

dameglendamade said...

Mbak Eva, sudah coba cari di Gramedia? Atau mungkin kontak langsung mbak Maria Andriana via Facebook?