this is the place where i poured stories of my life, my thoughts, my feelings also my ideas.
there's excitement, sadness, laugh, desperate, anger, happiness, and other kind emotions.
i just hope that we can learn something..

Sunday, December 02, 2007

muzium kebangsaan singapura

baru nyampe singapore (lagi!!) langsung jalan2 deh.. critanya abenk training Scheduling & Cost Control yg diadain ama George Washington Univ School of Business (Singapore Power Building, MRT Somerset), sebagai istri yg baik kan harus mendampingi suami jadi gw ikut dan jalan2 lg selama abenk training.. senangnya EVERYDAY IS A HOLIDAY hahaha
kali ini qta nginep di Carlton Hotel @ Bras Basah (MRT City Hall), jadi pas abis check in lgsg unpack dan sempat bingung nentuin mau jalan kemana soale dari kamar di lt 15 keliatan semua kan tempat2 yg mau gw datengin.. tapi krn gw suka museum dan takjub ama National Museum of Singapore (93 Stamford Rd) ya gw seret lah abenk kesana.. kapan hr gw dah menjelajah sendiri dan krn museum kebangsaan singapura itu pake teknologi yg canggih banget, gw jd pengen ngasi liat ke abenk juga..



jadilah qta jalan kaki sekitar 500 meter dari hotel (sumpe deket banget) dan sampe di national museum.. bangunannya cantik banget ya, kan abis direstorasi selama dua tahun dan dibuka lg desember 2006.. setelah bayar admission fee (@SGD10, 2 adults = SGD20), qta dikasi leaflet area dan brosur pameran.. sayangnya si patung2 yunani blm mulai dipamerin, ntr tgl 12/12, soo gw lgsg ajak abenk ke History Museum yakni menilik sejarah singapura pake interaktif guide, berupa receiver dan headphone buat tiap pengunjung.

alat itu nyimpen rekaman semua informasi ttg isi museum dan bisa kita dengerin msg2, pemandunya adalah stiker putih bertuliskan nomor2 di lantai. jadi kita kudu neken nomor yg sesuai baru si guide njelasin ttg obyek di depan kita. enak juga ya, lebih praktis.. museum sejarah itu banyak nampilin potongan film dokumentasi dan benda2 yang ditemukan dari awal berdirinya singapura, jaman perang sampe sekarang. di bagian awal ada dokumenter pendek ttg awal kehidupan manusia di pulau (singapura) yang dulu disebut Temasek, seperti tertulis di buku Nagarakretagama (1365).

dokumenter itu diputar di mini teater yg layar dan ruangannya hampir bundar, tentang kedatangan raja sumatra prameshwara ke temasek krn gk mau tunduk kepada raja jawa. tapi si prameshwara itu malah ngebunuh kepala wilayah yg udah nerima dia dan pasukannya di temasek. narasinya sendiri berdasarkan penulis cina dan portugis, tau sendiri kan singapura merupakan melting pot antara penduduk pribumi (melayu cina) dengan pendatang asal benua eropa (inggris, belanda, portugis, armenia).


klo kita jalan terus keliatan museum itu seperti galeri yg nyimpen foto dan benda2 dari berbagai peristiwa bersejarah dari waktu ke waktu ampe jaman modern ini. dan yg didokumentasiin bukan cuma sejarah lo, ada juga kebiasaan, pekerjaan, makanan, pakaian dan relasi sosial. yang tampil juga bukan elite politik doang tapi juga warga biasa ambil bagian, misalnya baju, baskom, buku, raport sampe dipan tempat ngisap opium juga ada..


kelar keliling museum sejarahnya means kita keluar di basement.. tapi abis itu kami naik lagi ke lantai tiga untuk liat2 pameran. ngelewatin jembatan yg ada lampu kristal gantung (bisa goyang2 dengan irama yg sama) qta tinggal milih, mau liat pameran fashion, film, food, family pictures ato justru pengen liat gaun2 pesta karya disainer lokal, Beny Ong? disebutkan, Ong sempat bikin beberapa dress untuk Princess Di. untuk masuk chamber itu kita tinggal swipe admission tiket, ada barcode khusus yg bisa ngebuka pintu masuk dan pintu keluarnya (canggih yaa.. ) sayangnya di museum ini qta gk boleh foto2 di dalam ruangan pameran.. gw tau banget pasti ada kamera pengawas, jadi daripada daripada yaaaah bisa2in aja nahan keinginan foto2 hehe selain pameran di dalam chamber, ada juga pameran WRC car, abenk deh yg sempet liat2 krn gw jg gk ngerti banget..

tapi emang bangunannya sendiri bikin takjub, arsitektur kolonial (1887) sekarang steril dari udara luar/emisi gas buang kendaraan (banyak pake glass dan sirkulasi udara pake AC).. td wkt abis bli tiket masuk, gw berdiri di tepat ruangan itu dan nengadah keatas, keliatan deh dome-nya museum itu cantiiik banget, ada jendela2 yg dihias pake stained glass, klo siang keliatan warnanya cerah banget.. gw ma abenk bela2in nengadah lama2 gantian motret, lumayan kan utk submit di blog ini..

selain museum kita bisa liat museum shop ato mau hangout di kafe2 yg juga ada di museum itu.. kami sempet ke museum shop dan bli suvenir, magnet tempelan kulkas (SGD8) dan lukisan cat air bergambar museum nasional singapura (SGD12)..

btw didepan museum itu kan ada plang coklat penunjuk arah museum, tulisannya "muzium kebangsaan singapura".. konyolnya dari kapan hari gw selalu nyangka tulisannya adalah "muzium kebanggaan singapura".. gw sempet membathin, bangsa ini kok sombong amat ya, apa sih bagusnya museum ini sampe segitu bangganya? tapi pas udah masuk ya gw mafhum/mengerti kenapa mereka bangga ama museum mereka.. dan hari ini, setelah berfoto di depan plang coklat itu gw br sadar, tulisannya bukan museum kebanggaan kok.. mata gw aja yg udah rabun kali ya? hahaha

No comments: