this is the place where i poured stories of my life, my thoughts, my feelings also my ideas.
there's excitement, sadness, laugh, desperate, anger, happiness, and other kind emotions.
i just hope that we can learn something..

Tuesday, November 24, 2009

coto makassar a la daeng glenda

akhirnya, saya berhasil membuat sendiri coto makassar.. setelah googling resep coto makassar, meminta resep ke teman2 yang asli makassar, persiapan mental (i'll tell you about this later), persiapan bahan2, dan akhirnya saya pun memasak hidangan khas provinsi angin mamiri itu..

waktu awal2 datang di kota ini, abenk bilang kangen coto (dan pastinya terkenang2 sama coto daeng rimang pasar magani sorowako) jadi meluncurlah kami ke salah satu kafe yg menghidangkan coto, tapi ternyata cotonya nggak cocok di lidah saya, kuahnya aneh karena nggak terasa bumbu kacangnya, malah terasa seperti gulai/kari yang encer..

dan awal bulan ini, teman baru saya, kak oya mengundang saya makan coto di acara ulangtahun anaknya.. berhubung beliau ini menikah dengan bule, dan kemungkinan tetamu juga bule, sudah bisa dibayangkan rasanya coto a la bullcreek ini pasti mild supaya bisa keterima sama lidah bule.. ternyata tuan rumah memisahkan kacang dari kuah coto buatannya, jadi sekilas si coto mirip sama beef soup, pake peanut chilli sauce baru jadi coto.. komplit dgn ketupat, abenk makan lahap dan pulangnya kami dapet bingkisan coto lagi.. mupengnya keliatan hehehe

dasar abenk, si batak penggemar coto, masih terngiang2 aja sama coto yang dikenalnya pas bermukim di sorowako, cuma 5 tahun kurang tapi begitu membekas.. ketar ketir nih kepikiran sama coto, apalagi saya nggak suka masak, dan memasak masakan yang bahannya lebih dari 10 macam menurut saya itu butuh persiapan mental.. apalagi kalau bahannya aneh2, seperti lidah sapi.. hiiy

resepnya modifikasi dari berbagai sumber, yang rata2 menyertakan jeroan, tapi saya memakai daging, hati sapi dan lidah (pesanan/kesukaan suami).. semua bumbu ada di dapur, kecuali taoco, jadi saya meniadakan sambal taoco yg biasa menemani coto makassar.. dan juga ketupat krn saya gak bisa bikin ketupat hehe

coto makassar


bahan :
300 gram daging sapi
400 gram hati sapi
900 gram lidah sapi
4 batang serai memarkan
4 cm lengkuas memarkan
2 cm jahe memarkan
5 lembar daun salam
250 gram kacang tanah, goreng haluskan
3,5 liter air cuci beras/tajin *
1 sdm bumbu kaldu bubuk rasa sapi *
6 sdm minyak sayur**

haluskan :
10 siung bawang putih
8 butir kemiri sangrai
1 sdm ketumbar sangrai
1 sdt jintan sangrai
1 sdt garam
1 sdt merica butiran

pelengkap : bawang goreng, irisan daun bawang, irisan seledri, jeruk nipis, kecap manis, sambal

sambal taoco *
haluskan : 10 bawang merah, 5 siung bawang putih, 10 cabai keriting rebus sebentar, 100 gram taoco, tumis dengan 6 sdm minyak sayur hingga matang, haluskan tambahkan garam dan gula merah.

* artinya gak pake
** diganti margarine

cara masak :
1. rebus daging sapi, hati dan lidah, beri serai, lengkuas, jahe dan daun salam. setelah matang angkat, tiriskan, potong dadu. khusus untuk lidah sapi, setelah matang baru dikuliti/kerok, baru dipotong dadu. sisihkan.
2. panaskan margarine, tumis bumbu yang dihaluskan hingga harum, masukkan kedalam kaldu, tambahkan kacang tanah goreng, didihkan.
3. penyajian, siapkan mangkuk, isi dengan daging, hati sapi dan lidah, beri kuahnya, taburi bawang goreng, irisan daun bawang dan seledri.

paling nikmat disajikan dengan buras/ketupat dan sambal taoco tapi apa daya cuma ada nasi putih dari rice cooker, tetap disyukuri juga lah.. apalagi tadi pas suami pulang kantor langsung mengendus2 harum dari panci, dan ketika akhirnya mencicipi sendiri coto a la daeng glenda keluar semua deh puja dan pujinya, berikut request untuk kapan2 bikin lagi coto yang sama.. daeng jadi tersipu malu nih..

oh iya, sekelumit tentang persiapan mental yang saya sebutkan di atas, itu tentang keberanian untuk mengolah lidah sapi.. abenk minta cotonya pake lidah, jadi saya pun membeli satu potong lidah di swalayan.. dikemas segar, sepotong lidah beratnya mencapai 900gr.. bentuknya mirip lidah manusia cuma berkali2 lipat besarnya.. ada bintil2nya juga, cuma beda warna putih dan ada belang bonteng item.. ngeri deh..

saat di swalayan itu saya mikir, "wah masaknya harus barengan abenk nih, saya nggak berani pegang lidah sapi, geli." tapi praktiknya, saya akhirnya masak sendirian.. *huhuhuhu* saat mencuci daging dan hati sapi, saya masih berani memegang dengan tangan telanjang (maksudnya langsung dengan tangan, bukan sambil bugil ya).. tapi saat mengolah lidah, terpaksa deh pake sarung tangan karet yang memang saya siapkan untuk memegang bahan2 aneh seperti memotong ayam utuh dan mengolah lidah sapi..

gk ada kepala/muka tapi bisa ngejek gitu.. weeeeekkk


sarung tangan karet yang lumayan tebal itu lumayan menyamarkan tekstur si lidah, bikin saya tenang dan nggak kepikiran sama geli-nya memegang lidah.. tapi setelah lidah matang, saya kan harus mengeruk kulitnya, mau tidak mau harus memegang langsung.. hiiiiy.. akhirnya setelah memotivasi diri sendiri, mulailah saya menguliti si lidah.. sampai selesai. hasilnya nggak mulus, sepertinya butuh latihan supaya bisa menguliti lidah dengan baik... waaaaaa *kabur*

kesimpulan dari kegiatan masak coto hari ini, ternyata nggak sulit2 amat memasak coto sendiri. butuh waktu dan kesabaran untuk bisa enjoy masak coto apalagi dari mupengnya abenk, kelihatannya menu coto bakal jadi acara bulanan nih..

No comments: