this is the place where i poured stories of my life, my thoughts, my feelings also my ideas.
there's excitement, sadness, laugh, desperate, anger, happiness, and other kind emotions.
i just hope that we can learn something..

Sunday, November 01, 2009

gigi bayi..


burung kakatua
hinggap di jendela
noelle masih bayi
giginya baru dua..

hehe maksa nih, menggubah lagu burung kakatua nggak bawa2 nenek, tapi bayi.. sebulan terakhir saya mau posting soal gigi noelle yang akhirnya tumbuh di usia 8bulan 2pekan, tapi saya sibuk sama hal2 lain dan akhirnya lupa sama sekali.. but, better be late than never, right?

(mungkin) sama seperti ibu2 lain terutama first time mom, selama satu tahun pertama pasti bertanya2, "kapan bayi saya bisa tengkurap, kapan bayi saya bisa angkat kepala, kapan bayi saya bisa duduk, kapan bayi saya bisa berdiri, kapan bayi saya bisa merangkak, kapan bayi saya bisa berjalan, juga pertanyaan kapan bayi saya tumbuh gigi?"..

ada lho ibu2 yang rajin mencatat dalam milestone chart, kalau saya sih enggak lah.. walau nggak mencatat dalam milestone chart, saya berbagi disini melalui foto atau notes ulang bulannya noelle.. nggak ada niat tertentu, tapi kalau ada orang yang mengomentari atau memberi saya tips2 tentang bayi, saya senang sekali..

demikian juga soal tumbuh gigi bayi, sempat jadi kekhawatiran saya.. kok sampai usia 8bulan noelle masih ompong.. bayi ompong ketawa/senyum itu imut sih, tapi dia kan makin besar, kasian kalo masih ompong.. makin cemas saat melihat bayi2 sebayanya, atau bayi yang lebih muda dari dia sudah bergigi dan unjuk gigi.. padahal disejumlah artikel tentang gigi bayi disebutkan, tanda2 tumbuh gigi antara lain bayi sering berliur, dan menggigit2 barang.. noelle ileran sejak usia 4 bulan, jadi sejak bulan april saya mulai menanti dan menanti tumbuhnya gigi geligi imut di gusinya..

tapi ternyata oh ternyata, dua gigi mungil muncul saat noelle berusia 8bulan lebih.. awalnya hanya ada garis putih di gusinya dan akhirnya penantian saya berakhir saat melihat dua gigi mungil yang tumbuh malu2.. noelle jadi sering menggigit bibir atasnya (pose bibir memble) dan makan dengan gigi depannya..

sekarang, perawatan mulut noelle bertambah menjadi perawatan gigi juga.. dari awalnya pakai sikat karet untuk membersihkan gusi dan lidah, sekarang bertambah ke sikat dengan bulu lembut untuk membersihkan gigi mungilnya.. memang belum tertib sesuai anjuran yaitu setiap habis makan/minum susu. tapi saya berusaha membersihkan giginya sehari minimal dua kali.. habis, noelle selalu berusaha menggigit/mengemut sikat giginya, jadi butuh kesabaran ekstra untuk membersihkan mulut dan giginya.. dan ternyata stok kesabaran saya pas2san saja.. :(


No comments: