this is the place where i poured stories of my life, my thoughts, my feelings also my ideas.
there's excitement, sadness, laugh, desperate, anger, happiness, and other kind emotions.
i just hope that we can learn something..

Friday, October 30, 2009

sop brenebon


lagi2 serangan kangen masakan rumah, bikin saya harus usaha bikin sendiri yang saya kangenin itu. kali ini, sop brenebon buatan mami, yang biasanya saya makan di hari ketiga.. entah kenapa, kebanyakan orang dirumah mami seneng menyantap langsung sup yang baru matang, tapi saya tidak karena saya suka brenebon yang sudah berkali2 dipanaskan sampai kacang merahnya pecah dan lenyek ( bahasanya bikin gk pengen ngebayangin ya?), jadi kuahnya kental sama pati dari kacang merah dan daging yang makin hancur.. temen makannya kalau nggak nasi ya roti pun jadi lah.. oh iya, mami selalu bikin brenebon pake pork, dan pernah juga sih bikin pake daging sapi tapi hasilnya beda banget jadi nggak pernah pake sapi lagi.. dan saya, yang nggak biasa makan babi, kali ini "terpaksa" makan dengan sadar karena enak :p

resep sup brenebon

bahan :
400gr daging (tanpa lemak)
300 gr kacang merah (rendam dulu semaleman, biar waktu dimasak cepet empuk)
6 siung bawang merah
6 siung bawang putih
1/2 sdt gula pasir
3/4 sdt pala bubuk
10 cengkeh
Lada secukupnya
Garam secukupnya
2 batang daun bawang
2 batang seledri
1 bh tomat potong 8

cara :
- rebus air hingga mendidih. masukkan potongan daging. masak hingga daging cukup empuk, kurang lebih 40 menitan)
- masukan kacang merah. rebus lagi hingga kacang empuk
- haluskan bawang merah dan bawang putih, masukkan ke dalam rebusan daging dan kacang merah. tambahkan lada, pala dan cengkeh. aduk rata.
- masak hingga daging dan kacang benar2 empuk.
- setelah empuk, masukan potongan tomat, bawang daun dan seledri.
- tambahkan garam dan gula
- angkat, sajikan hangat.

aftermath : taste a bit different ama buatan mami, saya tuang cengkeh kebanyakan jd aromanya terlalu kuat.. alhasil abenk hate it!!

No comments: