this is the place where i poured stories of my life, my thoughts, my feelings also my ideas.
there's excitement, sadness, laugh, desperate, anger, happiness, and other kind emotions.
i just hope that we can learn something..

Tuesday, October 27, 2009

daredevil


daredevil secara bebas bisa diartikan sebagai orang yang nggak kenal takut dan kerap melakukan hal-hal yang memacu adrenalin. dan di rumah saya ini, ternyata ada daredevil kecil.. yap, noelle felicita samosir yang baru berumur 10bulan 1minggu itu ternyata sudah bisa turun dari tempat tidur sendiri!!!

ceritanya begini, hari ini (entah kenapa) noelle memutuskan untuk meninggalkan jadwal rutin yang sudah saya terapkan selama ini.. jadi hari ini dia tidur siang hanya satu kali padahal biasanya dia tidur siang dua atau tiga kali (30menitan) selama daylight. saya jengkel, mau beberes rumah, mau menyetrika jadi nggak terlaksana karena noelle tidak mau tidur. udah gitu, noelle yang sudah merangkak dan berdiri sendiri itu, sekarang menolak didudukkan di walker.. nah, kalau dia tidak mau duduk di walker, artinya dia bakalan merambah seluruh apartemen termasuk dapur dan ke kamar tempat saya menyetrika..

bayangan noelle menarik2 kabel setrika atau menempel dibadan/kaki saya selama saya melakukan berbagai kegiatan sudah buat saya sebal duluan, jadi saya berusaha agar noelle duduk di walkernya. tidak berhasil, akhirnya kami main blok, baca buku noddy goes to the fair, dan nonton kartun. sampai akhirnya sore tiba, termasuk jam minum susu pukul 18, hingga pukul 20 pun noelle masih tampak hore jumbore.. nggak ada gelagat2 ngantuk, padahal biasanya jam segitu dia sudah mulai kucek2 mata tanda mau tidur..

berada dalam kamar yang gelap gulita, ditidurkan sambil ditepuk2 lembut pun nggak berhasil.. dia langsung berdiri ke headboard, loncat2 sambil mukul2 headboard.. akhirnya saya yang belum mandi seharian, menyalakan lampu dan ngajak noelle becanda.. saya tahu persis titik2 gelinya, jadi saya cium pipinya, rusuknya, belakang kupingnya, dia ketawa ngakak sampai keluar airmatanya.. tiap kali dia merangkak mau kabur, saya tarik kakinya sampai dia tengkurap dan ketawa2.. niatnya sih membuat dia kelelahan supaya mau tidur.. tapi nggak berhasil tuh..

karena saya sudah cape, saya turun dari tempat tidur dengan ide menyalakan radio dari alarm clock kami, mencari2 stasiun yang biasa memutar lagu klasik dengan harapan lagu2 klasik bisa meninabobokan noelle.. saat sudah mendapatkan stasiun radio yang dimaksud, saya yang duduk dikarpet membelakangi tempat tidur otomatis memutar badan untuk balik ke tempat tiduri.. ternyata si moncil sudah ada di belakang saya, berdiri membelakangi saya alias menghadap tempat tidur.. tangannya memegang kasur, kakinya kokoh dilantai..

OMG! si moncil dah bisa turun dari tempat tidur sendiri, tanpa suara kayak ninja.. iiih bikin jantungan, mana pas papanya lagi di site.. saya masih diam, noelle dari berdiri mulai merunduk mau merangkak ke steker yang ada kabel colokan baby monitor dan alarm radio clock itu.. akhirnya saya mencoba merekonstruksi lagi prosesi noelle turun dari tempat tidur..

semuanya sesuai yang saya duga.. dia menyerap ajaran saya untuk turun dari tempat tidur, padahal itu tidak sampai 10 kali.. seperti yang sudah saya tulis di notes noelle usia 9bulan, saya cemas karena sejak usia 7-9 bulan itu, noelle yang suka mengeksplore dunia sudah 3 kali jatuh dari tempat tidur. untung lantai kamar dilapisi karpet yang lumayan tebal jadi noelle tidak pernah cidera atau keseleo..

setiap kali saya mendapati noelle merangkak ke ujung2 tempat tidur dan melihat lantai, langsung saya arahkan. "begini nak kalau mau turun tempat tidur, noelle arahkan kakinya ke ujung kasur ya.. turun kaki kanan sangkutin ke bedframe, disusul kaki kiri, trus kaki kanan pelan2 turun sampai nyentuh lantai, yang kiri juga begitu. tangannya pegang kasur yang kuat, ya.. jangan sampai dilepas, kalau lepas nanti kamu jatuh," kata saya sambil mengarahkan anggota2 tubuhnya yang saya maksud..

itu saya lakukan sekitar 4-5kali selama satu bulan terakhir.. dan ternyata tadi tanpa diarahkan noelle sudah bisa melakukan gerakan turun dari tempat tidur sendiri.. YEAY!!! sekarang saya teriak YEAY, waktu pertama lihat serasa jantungan..

dan proses rekonstruksi adegan noelle turun tempat tidur itu saya buat sampai 5 kali, semua berawal dari noelle merangkak dari tengah tempat tidur dengan badan mengarah ke saya yang masih duduk dilantai. dia maju terus hingga ujung kasur, mengira2 jarak lantai, memutar badan hingga bokongnya mengarah ke saya, menurunkan kaki satu persatu sementara tangan memegang kasur dengan kuat dan akhirnya mendarat dengan sempurna..

mengukur jarak ke lantai, 50cm..


mundur untuk mengubah haluan..


siap2 menurunkan kaki..


posisi menurunkan kaki kanan..


mendarat dengan sempurna..


saya nggak nyangka, training sepele macam itu, yang saya ajarkan dalam hitungan jari, ternyata nyangkut dikepalanya dengan baik, dan prakteknya berhasil. wiih.. bener deh yang dibilang oleh para periset, otak anak usia 0-3 tahun itu seperti supersponge, menyerap segala sesuatu yang dia liat di lingkungannya. jadi, ya pintar2nya kita sebagai orangtua/pengasuh untuk memberikan stimulan yang positif supaya otak dan potensi anak bisa maksimal.

hmm, besok mau ajarin noelle apa lagi yaaa??

No comments: