this is the place where i poured stories of my life, my thoughts, my feelings also my ideas.
there's excitement, sadness, laugh, desperate, anger, happiness, and other kind emotions.
i just hope that we can learn something..

Tuesday, January 26, 2010

skyworks 2010!!


hari ini kami bersenang-senang menikmati libur nasional Australian Day! yang senang pastinya abenk (dan pekerja lainnya) karena setelah weekend sabtu minggu, hari senin kerja, eeeh hari selasa libur.. dan bukan hanya di indonesia yang menganut budaya harpitnas, disini juga banyak yang calling in "sickie". selain abenk, noelle juga senang karena ada agenda hiburan gratis dari city of perth buat warganya.. dan yang paling kondang adalah skyworks alias pesta kembang api :)

walikota perth, ms lisa scaffidi (spelling?) bilang, skyworks udah jadi perayaan tahunan besar-besaran selama 26 tahun terakhir dengan tema berbeda-beda (tahun ini advance australia fair seperti yang terpampang di gedung st george's bank lewat lightshow-nya). menurut walikota, australia day adalah hari untuk merayakan karakteristik unik negeri kanguru yang membuat negara benua itu benar-benar istimewa. pesan dari walikota, australia day adalah kebersamaan seluruh warga tanpa memandang perbedaan latar belakang individu, tapi lebih mengedepankan rasa menghormati dan toleransi satu sama lain sehingga semua orang dapat menikmati aussie day.

tapi buat orang lokal, aussie day artinya adalah kesempatan untuk merayakan "keberuntungannya" hidup di negeri terbaik di seluruh dunia. ada juga yang bilang, australia adalah negara multikultural dan aussie day adalah kesempatan untuk mengedepankan aussie heritage dan merayakannya sebagai satu bangsa. yang lain lagi bilang, aussie day adalah kesempatan untuk merayakan segala sesuatu tentang australia dan kemajuannya selama ini.

well, setiap orang boleh punya pendapat beda-beda, buat yang minat bisa klik http://en.wikipedia.org/wiki/Australia_Day untuk lebih jelasnya. sementara saya, cukup melihat dan merasakan keriaan warga setempat yang dengan bangga memakai berbagai atribut australia. sempat lho beberapa pemuda yang berpapasan dengan kami mengajak kami high five sambil teriak aussie-aussie-aussie! OY! OY! OY!

o iya, kalau ngelihat bule itu tampak santai dan kurang nasionalis, kali ini saya jadi percaya mereka nasionalis sejati. mereka yang setahu saya nggak pernah ada upacara bendera seminggu sekali, dengan mudahnya diajak menyanyikan lagu kebangsaan australia sesaat sebelum acara skyworks dimulai. selain itu, warganya juga diajak untuk cinta produksi dalam negeri, mulai dari produk segar (buah, sayuran, daging) hingga produk macam furniture, kerajinan tangan yang diberi lambang segitiga hijau bergambar kangguru. sederhana tapi besar artinya untuk memajukan perekonomian bangsa dan meminimalisir ketergantungan produk impor. jadi mbatin, kok beda banget sama sodara-sodara di tanah air? kok nggak bisa kayak orang-orang ini?

australia day adalah hari libur nasional di seluruh negara bagian, diawalil dengan penganugerahan Order of Australia dan Australian of the Year awards, berikut pidato Prime Minister. untuk kegiatan lokal, ada juga seremoni penerimaan warga negara aussie yang baru, kegiatan gratisan untuk keluarga di taman bermain dan taman-taman di sekitar swan river, pertunjukan musik, dan airshow berbagai pesawat sebelum pertunjukan kembang api itu.

berbekal info mengenai acara, cara mengakses lokasi acara, tempat parkir dan sebagainya, dan perlengkapan piknik seadanya, berangkatlah kami dari rumah sekitar pukul 15.00 mampir ke domino membeli pizza, salad dan coca cola botol besar. kami janjian dengan keluarga hengky manoppo untuk ketemu di taman bermain. setibanya di lokasi, tikar piknik langsung digelar dan kami santai-santai (ngerumpi buat ortu dan bermain buat anak-anak) menunggu jam 20.00. sekitar pukul 18.30 kami bergeser dari taman bermain ke rerumputan di bibir sungai, ramai banget! sementara menunggu, warga dimanjakan dengan airshow dari sekolah/klub terbang setempat.

anyway, jam 20.00 acara kembang api dimulai dan berlangsung selama 30 menit. luar biasa indah! sayang kamera pocket kami nggak bisa menangkap indahnya skyworks, bikin saya dan abenk bertekad belajar foto pake kamera beneran.. yuk hunting kamera yuuuk.. :p

sepanjang acara, saya (dan noelle juga) terkagum-kagum dengan kembang api yang beraneka bentuk dan warna ditingkahi musik! saya jadi tertarik dengan kembang api, tapi belum sempat browsing tentang cara kerja/cara membuat kembang api seperti pertunjukan skyworks itu..

all skyworks photos by Hengky Manoppo

No comments: