this is the place where i poured stories of my life, my thoughts, my feelings also my ideas.
there's excitement, sadness, laugh, desperate, anger, happiness, and other kind emotions.
i just hope that we can learn something..

Monday, January 25, 2010

my old tank top = dress noelle



beberes lemari pakaian saya menyimpulkan saya harus berpisah sama sejumlah pakaian yang sudah tidak pernah dipakai lagi, salah satunya tank top kesayangan. saya suka warnanya yang biru kobalt bergaris putih, temanya nautikal. rasanya sayang untuk membuang/mendonasi karena motifnya itu. dan rasa enggan berpisah menghasilkan ide untuk tetap memilikinya dengan cara mendaur ulang si tank top jadi dress buat noelle.

daur ulang dalam bentuk rekonstruksi pakaian merupakan salah satu deskripsi konsep clothing recycling selain menjual dan mendonasikan pakaian yang tidak dipakai lagi. beberapa waktu lalu saya terjerembab di situs ini dan jadi tertarik juga untuk mencoba berkreasi sama pakaian yang nggak dipakai lagi.

sedari dulu saya tertarik dengan disain dan kegiatan jahit-menjahit (manual) tapi seringnya proyek-proyek itu nggak selesai karena keterbatasan waktu dan bosan, maklum lah menjahit tangan butuh ketelitian, telaten dan kesabaran supaya bisa selesai. saya nggak sabar jadi proyeknya terbengkalai begitu saja.

nah, sekarang setelah jadi IRT didukung adanya mesin jahit hasil beli di ebay berikut alat-alat jahit lainnya, jadilah saya membulatkan tekad untuk mencoba satu proyek menjahit sampai selesai. idenya banyak, tapi one at a time tampaknya lebih bijak (dan meminimalisir kemungkinan bosan). jadi, sabtu malam kemarin saya mulai menganiaya si tank top lawas dengan harapan bisa menjadi dress cantik buat si nonik :)



saya membuat dress ini tanpa pola, hanya angan-angan langsung dijabarkan dengan gunting menari-nari di kain. model dress pun yang sederhana, tanpa lengan, kancing cepret dipunggung. pertama-tama, tank top dibentang lalu dipotong sesuai dengan panjang dress yang diinginkan. setelah dipotong (masih kelihatan print mossimo hijau-nya) dibuat beberapa pleats supaya bagian bawah dress bisa disambung dengan bagian atas dress yang bahan kaos juga tapi putih polos (ini beli meteran di toko tekstil). bagian atas dress pakai patokan singlet noelle sambil mereka-reka letak kancing belakangnya. asli langkah bonek :)

setelah membuat pleats, sambung bagian atas dress (putih) dan bagian bawah (biru garis putih), karena masih amatir sudah diduga hasil bagian dalamnya nggak rapi karena saya nggak punya mesin obras. setelah tersambung, dress mulai kelihatan bentuknya tapi belum ada kerung lengan dan leher, jadi mulai lah saya gunting-gunting lagi bagian atas dress sampai bentuknya benar-benar kelihatan seperti dress.



setelah itu, sisa kain tank top kan masih lumayan banyak, mulai lah saya berkreasi membuat aplikasi bentuk hati untuk ditempel di dada dan punggung, juga bisban untuk di kerung lengan dan leher supaya bagian atas dan bawah dress tampak senyawa. ini foto saat bajunya selesai di assembly, sampai sekarang memang belum kelar karena snap button alias kancing cepretnya belum dipasang karena toko langganan sedang menunggu order alat khusus untuk memasang si kancing cepret itu, katanya sih hari kamis. selain itu, di sambungan dress masih ada print temannya merek mossimo hijau yang masih ngintip, bentuknya garis horisontal dan R dalam lingkaran (registered) untuk brand mossimo itu. kelihatan menyebalkan jadi saya kepikiran untuk ngasi waistband yang kontras misalnya merah supaya makin nautikal dan cocok untuk musim panas. tapi, berhubung saya nggak punya pita ataupun kain merah, proyek waistband harus menunggu sampai saya ke toko tekstil lagi.. untuk keperluan foto, waistband-nya pinjam punya dress stussy saya yg merah garis-garis putih.. kalo dah jadi ibu dan anak bisa kembaran tema nautikal nih.. hehe

bisa dilihat di foto, model cilik bertubuh montok sedang memeragakan adi busana (one off haute couture) buatan mamanya, sayangnya karena si model nggak bisa diam untuk difoto maka hasil fotonya pun seadanya saja. dan saya baru sadar dress ini ngepas di badan noelle, jadi masa pakainya cuma sebentar :(

update :

akhirnya setelah barang2 pesanan datang, saya mulai menyelesaikan dress perdana ini mulai dari pemasangan kancing cepret dan selembar fabric belt yang dijahit dari sepotong kain. memasang kancing butuh ketelitian dan kesabaran terutama buat rookie, dan saat membuat ikat pinggang kain warna merah itu, saya lupa bahwa dress ini buat noelle, alhasil belt-nya kepanjangan :) tapi nggak apa lah, nanti coba saya buat pita yg bagus, mungkin dua kali ikat supaya cantik??

hasil akhir sewing project perdana

No comments: