this is the place where i poured stories of my life, my thoughts, my feelings also my ideas.
there's excitement, sadness, laugh, desperate, anger, happiness, and other kind emotions.
i just hope that we can learn something..

Saturday, April 09, 2011

Perkedel Tahu

Tahu merupakan salah satu hasil olahan kacang kedelai yang dikenal sebagai makanan super karena tinggi protein dan komposisi asam aminonya paling lengkap. Harga yang lebih murah daripada daging merah maupun produk unggas, membuat masyarakat cenderung lebih memilih mengkonsumsi tahu sebagai bahan makanan pengganti protein hewani untuk memenuhi kebutuhan gizi.

Pada tahu terdapat berbagai macam kandungan gizi, seperti protein, lemak, karbohidrat, kalori dan mineral, fosfor, vitamin B-kompleks seperti thiamin, riboflavin,  vitamin E, vitamin B12, kalium dan kalsium (yang bermanfaat mendukung terbentuknya kerangka tulang). Dan paling penting, dengan kandungan sekitar 80% asam lemak tak jenuh tahu tidak banyak mengandung kolesterol, sehingga sangat aman bagi kesehatan jantung. Bahkan karena kandungan hidrat arang dan kalorinya yang rendah, tahu merupakan salah satu menu diet rendah kalori.

Di balik kelezatannya, tahu menyimpan khasiat medis tersendiri. Sebuah studi oleh tim medis dari Kanada membuktikan bahwa tahu dapat menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh. Studi yang dipublikasikan di American Journal of Clinical Nutrition dilakukan pada 55 orang lelaki dan perempuan usia setengah baya yang mengidap kolesterol tinggi.
Setelah mengikuti diet sehat, partisan tersebut diikutkan pada pola makan beragam, mulai dari kacang almond, tahu, sayuran mentah, dan jenis makanan kedelai lain. Setelah setahun, kolesterol mereka diukur. Hasilnya, mereka yang mengonsumsi tahu mengalami penurunan kolesterol lebih besar dibanding kelompok pengonsumsi makanan lain. Penurunan ini dapat mencapai 10-20 persen.

Selain menurunkan kolesterol, tahu juga terbukti dapat mencegah kanker payudara. Mereka yang mengonsumsi tahu 25 persen lebih banyak mengalami peningkatan pembentukan estrogen dibanding yang tidak. Tekanan darah mereka juga lebih rendah ketimbang kelompok yang tidak mengonsumsi tahu.

Rahasia khasiat tahu ternyata ada pada kandungan isoflavon yang mengandung hormon estrogen. Selain mencegah kanker payudara, isoflavon juga memperlambat proses penuaan pada perempuan. Isoflavon bukan hanya terkandung dalam tahu melainkan juga pada semua makanan berbahan dasar kedelai seperti tempe, susu kedelai, kecap, dan sejenisnya. (dari berbagai sumber).

Buat yang vegan maupun non vegan, perkedel tahu ini enak buat camilan bergizi maupun lauk makan. Bahan2nya gampang, cara membuatnya sederhana.. Silahkan mencoba ya..




Bahan:
300 g tahu putih (kalau dapat hard tofu bs langsung dipakai, kalau dapatnya silken tofu dikukus dulu spy jadi padat)
75 g wortel (potong dadu 0.5x0.5x0.5cm)
1 batang daun bawang, iris halus
75 g jagung pipilan
1 sdm bawang merah goreng, haluskan
1 sdm bawang putih goreng, haluskan
1 butir telur ayam
1/2 sdt merica bubuk (sesuai selera)
1 sdt garam (sesuai selera)
1 sdm tepung terigu
2 sdm tepung beras
minyak goreng baru

Cara membuat:
Tekan-tekan tahu putih hingga seluruh airnya keluar.
Haluskan tahu lalu campur dengan semua bahan hingga rata.
Bentuk adonan sesuai selera. 
Goreng dalam minyak panas dan banyak hingga kuning kecokelatan.
Angkat dan tiriskan.

No comments: