this is the place where i poured stories of my life, my thoughts, my feelings also my ideas.
there's excitement, sadness, laugh, desperate, anger, happiness, and other kind emotions.
i just hope that we can learn something..

Sunday, July 26, 2009

freo...


clear blue sky and the black swan
akhirnya gw jalan2 juga di Fremantle!! dari awal dateng ke WA, gw penasaran sama kota pelabuhan di muara Swan River sekitar 19 km arah barat daya Perth ini.. kota tua yg lebih akrab disebut Freo ini diduduki oleh The Swan River Colonist tahun 1829, dan kemudian dideklarasikan menjadi sebuah kota oleh pejabat Inggris kalan itu, Charles Fremantle.

penduduknya gk banyak, sekitar 26ribu jiwa saja, tp ramenya bukan maen.. kebanyakan turis dan banyak banget orang yg bicara dalam bahasa Indonesia.. Freo layak banget dikunjungi krn banyak bangunan kuno di kota ini, sekitar 120an bangunan peninggalan bersejarah masih dirawat dan dilindungi, toko2 barang antik juga menjamur di kota ini. o iya, kota ini juga berkontur krn dari laut naik ke bukit kapur. oleh penduduk aslinya (masyarakat Nyungar) tanah berpasir disebut Gardoo sementara bukit kapur sebutannya Booyeembara.

ngaso bentar
kemaren2 gw, abenk dan noelle ke Freo naik bus 99 dari halte samping apartemen, sekitar 50 menitan lah. sebenenya bisa juga naik train F-Line yg lebih cepat (30 menit dr Perth Train Station) tp ada peninggian rel di Daglish Station-Mosman Park Station jd bakal ada acara transfer bus yg gk praktis, jd akhirnya tetep ngebus aja. ada juga moda transportasi air, naik feri yg dikasi judul scenic tours Swan River, kalo gk salah biayanya 20-30dolaran dari marina yg di city sampe ke Fremantle bridge.. skrg ke Freo nyaman krn pake mobil, bawa belanjaan juga gk pusing krn ada bagasi..

aus??
awalnya kami ke Fremantle Prison, tp krn pas jam makan noelle jdnya gw ngasi makan noelle aja di mobil.. jalan2 di penjara kuno itu batal (dijadwal ulang ke kunjungan berikut), langsung ngelencer ke E-Shed Market dan Fremantle Market. dasar ibu2 ya, gk bisa denger kata market, langsung meluncur.. hehe engga sih, pengen tau aja soalnya dr kapan hari liat orang2 klo keluar dari tempat2 itu pada bawa tas gede2, penasaran aja jadinya..

E-Shed market
E-Shed Market dari luar gk ketauan deh, bentuknya sekilas kaya gudang letaknya di kawasan pelabuhan pula.. didalamnya ada penjual suvenir khas australia, suvenir indonesia (kiosnya AUSSIN dan penjualnya bertampang cina tp berbahasa indonesia), kerajinan kayu, perhiasan perak dan opal, cemilan kacang2an, dan food court tentunya gk ketinggalan.. disini kami isi perut dulu krn udah lewat jam makan siang, yg jadi pilihan adalah gerai masakan chinese dengan 9.50 dolar kami boleh all you can eat.. setelah makan kami ngider2 tp gk ada yg dibeli..

mo kemana lagi yaaa?
oh iya, di pasar ini gw sempet sebel deh, noelle yg suka goes2 kakinya klo duduk di babypramnya kali ini kehilangan kaos kaki pink, sebelah.. iih sebeeeel, kan dianya yg bakal kedinginan.. pas berangkat emang cm pake kaos kaki aja krn sepatunya (yg ukuran 9-12mth) udah gk muat.. nah, kaos kaki ini sering mulur krn kebiasaan noelle ngegoes-goes jd merusut dan suka lepas deh.. akhirnya hr ini satu kaos kaki ilang, walopun udah ngider di EShed Market sesuai rute yg dilewatin hasilnya nihil.. alhasil terpaksa dia dipakein sepatu mothercare yg gm muat itu, kasihan tp lebih kasihan lg klo dia kedinginan, bs beku krn suhu di luar cm 14 derajat tp anginnya kenceng banget..

dari E-Shed Market, kami nyebrang rel kereta dan jalan ke Fremantle Market yang jaraknya cm sekitar 4blok aja dari pelabuhan.. cuci mata di pertokoan, hari sabtu rame tp gk serame hari minggu deh.. toko2 lagi berlomba memancing pembeli, ngasi sale yg gk jelas dalam rangka apa..

inside fremantle market
sampe Fremantle Market wiiih rame banged.. ternyata pasar ini bukan cuma demenannya turis, tp juga penduduk lokal untuk belanja keperluan rumah tangga, terutama buah dan sayuran. hampir semua dagangan hasil bumi yg dijual dikasi label : Australian Grown, ato WA Grown.. entah pemerintah ato penduduk setempat emang cinta banget ama produk lokal, di supermarket besar juga barang2 lokal WA dikasi label "Buy West Eat Best".. di Fremantle Market ada sekitar 150 los yang menawarkan baju2, aksesoris, perlengkapan rumah tangga, bunga potong, gerai suvenir khas india/mediteran, art n craft, layang2, dan kue2 yg baunya menggoda saraf penciuman..

fremantle market
katanya nih, Fremantle Market adalah pasar tertua di WA, bangunannya dirancang bergaya Roma oleh arsitek HJ Eagles dan Charles Oldham. peletakan batu pertama dilakukan oleh Perdana Menteri Australia Barat Sir John Forrest pada 6 November 1897, dan kemudian dibangun pada tahun 1898-1902, oleh para penghuni penjara. fungsinya berubah2, mulai dari jadi pasar grosir makanan, jd pusat pengepakan dan distribusi barang, eehh balik lagi jadi pasar.. Fremantle market ini juga pernah terbakar tahun 1992 tapi dibangun lagi jadi pusat belanja tradisional dgn besi dan kayu daur ulang lokal.

akhirnya, kami pulang dengan belanjaan : 2 pak cabe rawit merah @2dolar, 1 pak cabe merah besar (2dolar), 1 pak cabe ijo besar (2.6dolar), 1 sisir pisang (3.30dolar), 4bh kaos buat noelle (10dolar), 2 solar powered fridge magnet (@6dolar).. gk puas krn gk ganas belanja2nya, tp barang2nya emang gk terlalu menarik sih.. males..

No comments: