this is the place where i poured stories of my life, my thoughts, my feelings also my ideas.
there's excitement, sadness, laugh, desperate, anger, happiness, and other kind emotions.
i just hope that we can learn something..

Sunday, August 30, 2009

special parking spot..


noelle nemenin mama shopping di floreat forum
salah satu hal yg gw suka dari kota ini adalah, tersedianya parkir khusus buat penyandang cacat dan orang tua yg bepergian dengan anak/bayi, yg luaaaas banget... liat nih, parkiran khusus parents with pram alias utk orang tua yg bawa stroller.. tau sendiri kan, bawa bayi artinya pasang carseat di backseat, klo mo keluarin bayi harus buka pintu lebar2 spy orang tua yg nggendong bayi bs keluar dari pintu dengan leluasa.. bahkan si maxicosi noelle ini (aslinya kan carseat buat infant) bs keluar berikut bayinya dgn luas.. bepergian dengan bayi gk ada halangan lagi.. :-) kebayang klo markir di pasar tanah abang blok A ato mall ambasador, yg parkirnya lumayan bikin lumanyun.. ribeet dan si ortu yg bodinya berisi kayak gw pastinya harus narik napas dalam2 biar bs keluar beserta bayinya.. uhm mungkin klo pintu mobilnya sliding, ceritanya jd lain lg hehe

oh iya, klo di shopping centre di suburb malah lebih asik lagi, ada juga parkiran khusus seniors alias warga yg ud lanjut usia.. sering lo gw liat orang2 tua yg umurnya ud 80an, dah tertatih2 jalannya di parkiran, ternyata nyetir sendiri.. bener2 mandiri, gk kayak di indo, umur segitu biasanya dah duduk anteng di kursi penumpang.. parkiran buat seniors ini juga luas, sekilas sama ama buat penyandang cacat, spotnya bukannya persegi panjang, tp hampir bujur sangkar.. klo orang dah lanjut usia, mungkin susah utk parkir di lahan yg sempit jd dikasi ekstra space.. sementara orang cacat, buat buka pintu lebar2 dan nurunin kursi roda yg kadang ditaro di bagian atap mobil.. semua orang jadi mandiri disini..

nah, parkiran khusus itu biasanya deketan sama pintu masuk ato lift basement.. krn orang lanjut usia, penyandang cacat kan cape klo kejauhan jalan kaki..

salut banget sama kota yg care dan toleran sama orang2 dengan kebutuhan khusus. bukan cuma parkiran, moda transportasi pun bisa diakses sama penyandang cacat dan strollers.. apalagi di oz banyak penderita multiple sclerosis (uhm gangguan tulang belakang?? gk tau definisi pastinya, tp mereka ini gk bs bertumpu pada kakinya dgn baik, jd rata2 pake wheeled vehicle, kursi roda yg pake mesin dan bentuknya kayak motor ATV yg manusiawi..). jadi para MS ini bs bepergian jauh dengan bus yg bs keluarin ramp khusus, juga kereta.

mudah2an jakarta dan kota2 di indonesia bs juga meniru hal positif kayak gini.. jadi kota yg lebih "ramah" utk ditinggali..

No comments: