this is the place where i poured stories of my life, my thoughts, my feelings also my ideas.
there's excitement, sadness, laugh, desperate, anger, happiness, and other kind emotions.
i just hope that we can learn something..

Sunday, August 30, 2009

masak ikan bumbu woku


untuk pertama kalinya, gw masak ikan woku.. biasanya sih tinggal mangap dan ngunyah aja krn ada nyokap yg masakin.. berhubung gw bosan banget ama masakan ayam, sapi dan udang, dan kangen ama masakan nyokap, akhirnya gw bertekad memberanikan diri masak ikan.. dan yg menyenangkan, disini ikan dijual dalam keadaan bersih alias gw bebas dr kegiatan membersihkan isi perut ikan yg YIKES.. unspeakable deh.. hehe

so, kmrn kami ke market city di canningvale bli sayuran (segar dan murah banget, tp masih kotor bertanah/pasir gt) dan ikan segar, salmon dan spanish mackerel alias tenggiri. keren juga ya nama bulenya si tenggiri.. kepikiran masak ikan woku setelah liat kemangi segar (basil) yg beda sama italian basil yg daunnya lbh kecil dan baunya gk menyengat kayak kemangi. trus ambil jeruk nipis juga buat ikan.. sisanya sih belanjaan standar. walo gitu, gw tetep aja kudu nelp nyokap nanya resep dan cara pembuatannya. begini nih klo anak perempuan jarang ke dapur..

resep ikan woku belanga

Bahan:
cabe merah 6 (gw pake 9+2 cabe besar)
jahe 1 ruas jari,
kunyit 1/2 jari (tp gk punya),
5 bawang merah
2 siung bawang putih
semua bahan2 itu dihaluskan...
1 buah tomat, potong delapan
1 batang sereh, ambil putihnya, geprak
5 lembar daun jeruk diiris halus
1/4daun kunyit diiris halus (i wish punya)
3 batang daun bawang dipotong halus
2 ikat daun kemangi, ambil daunnya aja..
500gr ikan tenggiri (2 irisan besar) yang sdh dibersihkan,
lumuri dengan perasan air jeruk dan garam, diamkan 30 menit

Cara:
1. tumis bumbu halus, irisan daun jeruk+kunyit+sereh beberapa menit sampai harum
2. masukkan potongan ikan, diamkan beberapa menit, balik ikan sampai berubah warna
3. tambahkan 150 ml air, didihkan.
4. masukkan tomat dan daun bawang, garam dan sedikit gula
5. menjelang diangkat masukkan daun kemangi.

rasanya YUMMM!! woku adalah tipe masakan pasti jadi, rupanya.. gile, klo aja gw tau segampang ini bikin woku, dari kemaren2 gw bikin terus deh.. hehe cm masalahnya, daon kemangi itu yg rada susah dapetinnya.. dari bbrp bulan lalu, dah hunting di pasar2 gk pernah liat, ke nursery-nya bunnings juga gk dapet kemangi, cm italian basil itu.. gk mungkin gw ganti dengan italian basil lah.. hmmm harus nanem sendiri nih gelagat2nya.. nanti deh gw nyelundupin kemangi hahaha

o iya, berhubung gw pemalas, semua bumbu ini gw haluskan pake hand blender, bukannya gw ulek.. akhirnya bentuknya juga beda, gk kaya punya mom yg bumbunya bs misah dan tampak lebih berair/berkuah.. bumbu woku gw tampangnya spt puree hahaha sutralah, tampang belakangan, yg penting rasa.. next time klo lg gk buru2 gw ulek deh ni bumbu woku.. pagi ini kan krn mo siap2 ke greja, jd gw gk mo lama2 di dapur, maunya cepet2 sarapan, siap2in noelle, siap2in diri sendiri, trus cabut deh..

No comments: