this is the place where i poured stories of my life, my thoughts, my feelings also my ideas.
there's excitement, sadness, laugh, desperate, anger, happiness, and other kind emotions.
i just hope that we can learn something..

Wednesday, September 02, 2009

satu diantara hal-hal yg harus saya ingat..

ketika kita masih kecil, berjalan dan jatuh tersandung batu, (hampir semua) ibu kita berkata, "batu nakal, batu jahat, lihat nih Bunga sampai terjatuh dan berdarah." ternyata, sadar atau tidak sadar, sejak kecil kita sudah diajari tentang kambing hitam dan pengalihan tanggung jawab atas semua kesalahan dan kelakuan kita.

oh iya, bukan hanya dari pengasuh yg "mengajar salah". tayangan televisi juga. ada satu episode kartun doraemon, dimana si doraemon punya sarung tangan ajaib yang bisa "memindahkan" tanggung jawab dan kesalahan dari pelaku ke orang lain atau makhluk lain. tidak terlalu ingat detil episodenya, yang saya ingat adalah seperti biasa nobita berbuat nakal dan meminta tolong doraemon untuk menyelamatkan dari omelan sang mama.

doraemon kan tidak pernah berkata tidak, jadi dia mengeluarkan sarung tangan ajaib itu dan diberikannya kepada nobita. nobita si abuser alias penyalahguna langsung mengenakan sarung tangan ajaib, dan saat melihat sang mama sudah menampakkan gelagat-gelagat marah, nobita langsung mencari-cari kambing hitam terdekat dan ternyata ada seekor kucing. jadi, ketika mama nobita mulai marah-marah, nobita langsung menyentuh si kucing, lalu ngeloyor. sesudahnya, gambar memperlihatkan mama nobita sedang marah-marah kepada si kucing malang. sementara nobita berkeliaran membuat kenakalan lain, yang dia tidak pikirkan konsekuensinya karena "toh" ada si sarung tangan ajaib yang bisa membebaskannya dari tanggung jawab.

lihat kan, salah asuh itu disengaja.. orangtua, dan orang dewasa yang membuat kartun/film yg target penontonnya anak-anak. entah darimana lagi sumber kesalahan yang disengaja, pasti banyak dan saya sedang malas untuk memeras ingatan.

kesadaran dan penolakan atas kambing hitam, akan mamberikan kekuatan kepada kita untuk mau maju dan bertanggung jawab atas apa yang kita lakukan, dan menguatkan kita untuk lebih mau berupaya dalam menuju perbaikan kehidupan kita.

semoga saya ingat tentang satu hal ini, demi noelle.

No comments: