this is the place where i poured stories of my life, my thoughts, my feelings also my ideas.
there's excitement, sadness, laugh, desperate, anger, happiness, and other kind emotions.
i just hope that we can learn something..

Sunday, September 20, 2009

9th month and keep growing..


smiley and happy
hari ini noelle genap sembilan bulan.. makin cantik (uuh si mama ngalem anaknya sendiri), rambutnya makin panjang, makin lucu, makin bawel, makin lincah, makin kuat dan makin pintar mengkomunikasikan keinginannya.. oh iya, makin "besar" karena sudah punya dua gigi bawah.. statistik : BB 11.8kg, TB 76.5cm, LK 47cm.. besar yaaa?? hehe

awalnya saya dan abenk sempat watir, tahap merangkaknya noelle seperti tidak ada kemajuan, ya begitu2 saja, mundur mundur mundur dan kalau mentok tembok/kursi/meja baru dia berusaha maju sedikit. namun sebulan terakhir kemampuannya berkembang pesat sekali, noelle sudah bisa merangkak kesana kemari dengan lincahnya.. kadang saya kaget melihat play area-nya kosong.. ternyata dia sudah ada di dekat pantry karena mau mendekat ke saya yang sedang memasak.. bahkan, dia tidak hanya merayap, tapi juga bisa mengangkat dirinya dari posisi duduk di lantai menjadi berdiri dengan bertumpu pada ottoman atau meja atau tv unit atau apapun yang bisa jadi tumpuannya untuk berdiri. sesudahnya dia mulai belajar keseimbangan untuk bergeser sedikit demi sedikit menyusuri (cruising) tumpuannya itu. sesekali dia jatuh, tapi tidak menangis dan tidak kapok untuk berdiri lagi. beberapa kali noelle berdiri dengan memegang satu jari tangan saya, dan dia melepaskan pegangannya, lalu dia tampak seperti dewa mabuk saat menjaga keseimbangan untuk berdiri sendiri. lucu, dan hanya sekitar dua atau tiga detik saja, dan dia tampak oleng, tapi saya siap menahan agar ia tidak jatuh. dengan babywalkernya, noelle bisa betah "menyapu" apartemen kami yang memang tidak terlalu besar. kesana kemari bertepuk tangan (bahkan terdengar gelak tawanya) sambil memencet tombol2 musik di walker-nya itu. mudah2an noelle jadi anak yang riang dan ceria selalu.

di ranjang kami yang empuk pun, noelle sudah sanggup berdiri sendiri dengan berpegangan pada kepala tempat tidur. semakin lincah gerakannya, semakin berbahaya meninggalkan ia sendirian dikamar walaupun dalam keadaan tidur. kebiasaannya bangun tidur tanpa menangis merupakan keuntungan juga sumber kecemasan. pernah saya mengendap-endap membuka pintu kamar untuk melihat keadaannya, ternyata ia sudah bangun dan sibuk berkeliaran di tempat tidur tanpa suara. untunglah dia tidak meluncur dari kasur yang sekitar 50cm dari lantai. cukup dua kali dia jatuh dari tempat tidur, walaupun tidak menangis (karena karpet kamar yang lumayan tebal dan empuk), tetap saja saya harus menjaga jangan sampai ia jatuh (lagi).

do not disturb!
noelle juga suka melihat2 buku, segala jenis buku, dan kertas terutama yang bergambar atau tulisan berwarna kontras. kadang2 dia diam tak bersuara, ternyata setelah didekati si nona cilik ini sedang melihat2 majalah, atau tagihan telepon.. bukunya yang bergambar menarik dan bisa mengeluarkan berbagai macam suara kadang diacuhkannya, mungkin menurutnya, "buku dari kertas ini lebih menarik. kalau aku tarik dengan gaya ini, akan terdengar suara lucu itu.. breeeek".. ya, kadang dia merobek kertas dari katalog2 gratisan yang diantar ke kotak surat kami. dan bunyi kertas robek itu bisa membuatnya tertawa terbahak2.. :-D

sayang komunikasi verbalnya belum ada kemajuan, masih sebatas mamama, dadadada, tatatata, jajajaja, wiwiwiwiwi, mimimimi, grrr grrr, grrr, help, yap dan sesekali kata "ndak ada".. hehe tapi jangan salah, walau kemampuannya terbatas, dia tetap bisa berkomunikasi. misalnya nih, noelle merasa sudah selesai makan padahal makanan di mangkuknya masih banyak, dia bisa lho melepas celemek nya dengan ditarik pakai tangan kanan sementara lehernya menahan sambil mundur kebelakang agar si celemek terlepas. atau tangannya berusaha menjauhkan mangkuk dan sendok makannya. kadang juga ia protes bila mainannya saya bereskan, dia tahu itu artinya saatnya tidur siang, padahal dia masih mau main akhirnya dia mengoceh dengan suara keras tapi kata2nya tidak jelas, tentunya dilengkapi raut wajah serius dan alis yang nyureng. kecil2 sudah bisa bersungut2 ya..

oh iya, noelle juga sudah mengerti larangan NO, JANGAN, STOP (biasanya itu terlontar dari mulut saya dibarengi jari telunjuk yang bergoyang kekiri dan kekanan) saat melihat dia mendekat ke kabel laptop, kabel antena tv, kabel telepon dan modem, dan benda2 berbahaya lainnya. apartemen kami belum cukup aman buat bayi yang sedang doyan eksplorasi kesana kemari. secepatnya akan diamankan seaman2nya :-)

sembilan bulan juga merupakan usia dimana bayi mulai mengembangkan separation anxiety alias ogah ditinggal.. dulu sejak bisa duduk dan bermain sendiri, noelle bisa saya tinggal masak atau mandi asalkan ada mainan di depannya. sekarang, untuk memasakpun agak sulit karena dia mau saya menemaninya bermain setiap saat. meminjam istilah teman saya, bayi jadi tergila2 pada ibunya hehe. saya benar2 bisa membereskan apartemen, memasak, mandi saat dia tidur. dan kalau itu tidur siang, jangan harap itu lama, biasanya hanya sekitar 30 menit saja, lalu dengan energi yang telah diperbarui dia akan mengajak bermain hingga papanya pulang, hingga minum susu sore, hingga dia lelah dan tidur jam 19.30 (biasanya).

untungnya, saat giginya tumbuh ini dia tidak dihinggapi demam atau nangis berkepanjangan :-) be strong, my girl. ini cuma sesaat walau terjadi beberapa kali hingga gusimu atas maupun bawah dipenuhi gigi geligi mungil. saatnya beralih dari sikat gigi karet ke sikat gigi betulan supaya gigimu bersih dan terawat dengan baik :-) mudah2an tidak lama lagi noelle akan lepas dari dummy (empeng)nya. biasa dummy dipakai kalau dia akan tidur, sehingga "terpaksa" dummy juga dibawa bepergian di mobil atau di strollernya. tapi kalau dia sudah tertidur otomatis dummy akan dia lepaskan sendiri. ngeri juga kalau melihat anak2 bule disini, sudah usia TK tapi berkeliaran di pusat perbelanjaan dengan mulut "mengemut dummy.. mudah2an noelle tidak sampai begitu..

noelle the cameleon

uhm, apa lagi ya?? saya menulis ini tengah malam dikala tubuh lelah sementara besok akan melihat festival anak fremantle. jadi sekadar menyempatkan menulis notes seadanya saja.. selamat berulang bulan yang ke 9 ya, nak.. teruslah bertumbuh jadi anak yang sehat, yang pintar, yang kuat, yang lucu, yang ceria, yang dengar2an papa mama dan selalu takut akan Tuhan..

No comments: