this is the place where i poured stories of my life, my thoughts, my feelings also my ideas.
there's excitement, sadness, laugh, desperate, anger, happiness, and other kind emotions.
i just hope that we can learn something..

Friday, April 16, 2010

cosy soup, anyone?

di majalah glamour teranyar, ada sup yang cocok banget untuk "diminum" pas musim dingin seperti sekarang ini.. namanya creamy dolcelatte and tenderstem broccoli soup with tomato and herb croutons , resep dari buku jo pratt : in the mood for entertaining tapi yang barusan saya buat ini nggak pake keju dan brokoli yang namanya terlalu sophisticated itu, juga croutons aslinya karena nggak punya roti tawar dan sundried tomato.. lain kali aja :p

bahan sup :
1 bh brokoli yang cukup besar, potong menurut kuntum
1 cup baby peas
1/2 bawang bombay, cincang halus
2 siung bawang putih, keprek
1 batang daun bawang yang kecil, iris kasar
1 liter kaldu sayuran atau kaldu ayam
setangkup keju cheddar parut (the more the tastier)
1 sdm olive oil
lada
philadelpia cooking cream

bahan roti oles bawang putih :
1 roti perancis, iris 1 cm
2 sdm blueband
1 sdt bubuk bawang putih
1 sdm campuran parsley dan oregano kering

cara membuat :
- campur blueband, bubuk bawang putih dan campuran parsley dan oregano kering hingga merata. lelehkan dalam microwave selama 10 detik. oles di tiap irisan roti, panggang sesuai selera.
- panaskan panci, tuang satu sendok olive oil, tumis bawang bombay dan bawang putih sampai harum dan lemas. masukkan brokoli, peas dan kaldu, masak hingga mendidih selama 5 menit. matikan api.
- saring sup, pisahkan kaldu dan sayurannya, sisakan beberapa kuntum brokoli. proses sayuran dan keju dengan food processor atau blender sambil masukkan kaldu sedikit demi sedikit sampai tingkat kekentalan yang diinginkan. tambahkan lada sesuai selera. sup saya nggak pakai garam sama sekali karena sudah pakai cukup banyak keju, jadi cukup tasty lah menurut lidah saya.
- tuang sup ke mangkuk atau cangkir besar (cangkir sup??), beri satu sendok teh cream (mungkin yogurt juga bisa), atur dua atau tiga kuntum brokoli, hidangkan dengan roti bawang putih. sajikan selagi hangat.

abenk bilang cosy soup ini rasanya enak walau perutnya nggak kenyang (nanti malam pasti perutnya bakalan minta diisi lagi), noelle yang baru kelar dinner ikutan menghabiskan sup saya sesendok demi sesendok.. seneng banget liat anak nggak susah makan sayur.. YAY!!!

No comments: