this is the place where i poured stories of my life, my thoughts, my feelings also my ideas.
there's excitement, sadness, laugh, desperate, anger, happiness, and other kind emotions.
i just hope that we can learn something..

Wednesday, May 20, 2009

5 bulan..



noelle, bidadari kecil gw genap 5 bulan.. perasaan kya baru aja dia puput pusarnya, sekarang ud gede, gk bisa diam, suka jerit2 saat girang maupun frustasi.. time goes by soooo faaaasst.. im afraid im gonna hold my grandchildren in a blink of eye.. hihihi

Tuhan ud memberkati keluarga gw dengan rahmat yg luar biasa.. wkt gw hamil, gk pake muntah kecuali abis minum susu anmum aja.. ternyata gw yg salah bikin pake air anget (jd menggumpal) pas dibikin pake air dingin baru susu bubuknya larut dgn sempurna dan rasanya enak2 aja spt susu UHT.. cuma sempat cemas pas ud bulan ke 7-8 baru ketauan klo noelle kelilit tali pusatnya.. iiih sama gitu ma gw wkt dlm perut nyokap.. jd wonder, ini heredity ato? pas USG 4D di MMC gw bisa liat mukanya, merem, sebelah tangan ngepel di depan matanya, bibir meni cemberut gitu krn kelilit tali pusat. tp Dr Otamar Syamsuddin bilang kelilit tali pusat adalah hal wajar, gk ada yg perlu ditakutkan.. cuma kondisi si baby wkt itu kelilit 2x, rd tight menjelang dia makin gede, baby jd sering hiccups..
uhm, kayaknya blog kali ini sekalian buat cerita proses melahirkan deh.. kapan hari menjelang melahirkan gw gk betah duduk diam, maunya gerak, jalan2 ato berenang jadi nggak ada update soal kehamilan dan kelahiran.. here we go..

di trimester terakhir juga gw dan perut gw membesar gila2an, ternyata bayinya pas 30 minggu ud 2.4kg.. merambat terus terus terus sampe akhirnya baby pas ud 3.6kg Dr Bramundito di RSPI bilang bayi gw bakal lahir diatas 4kg klo ikut due date berdasarkan usia kehamilan yaitu 27 desember 2008.. jd dia menawarkan induksi tgl 14-19 des yg gw tolak krn hubby blom cuti (start tgl 23 des).. tp dokter convince gw bahwa nanti gw sendiri yg setengah mati klo babynya terlalu gede, kelilit tali pusat dan kondisi uterus yg sudah gk support buat si baby spt air ketuban yg berkurang.. iiih jd takut kan gw, akhirnya setuju tgl 21 mo induksi..

diatas 34 minggu kan tiap ke RS pasti gw di CTG (cardio topography) perutnya utk liat kondisi detak jantung bayi dan kontraksi rahim.. pas minggu ke 34 itu ada kontraksi palsu yg bikin gw di periksa dalam (iiiih paling gk suka nih) berbuntut flek.. males deh diubek2 pdhl kepala bayi aja blom turun.. pas pekan ke 39, tanggal 19 desember pagi gw periksa ke dokter.. trus di CTG ada kontraksi yg lumayan (menurut mbak2 bidan) jd dokter periksa dalem tp blom ada pembukaan siiy.. tp emang gw lg mules2 akibat sehari sebelumnya makan pecel dan woku yg kepedesan sampe gw jd mules2.. result jumat pagi itu, dokter minta spy gw dtg lg sore utk CTG lg..

jd gw pulang, siap2in koper bersalin (isi keperluan gw dan baby selama di RS).. trus gw sempet beberes kamar, berenang (yeah, december di jkt tetep hottt terutama buat bumil yg ud nambah berat 20kg jd rasanya super geraaaaah) dan jam 15.30 gw pergi ke RSPI lg sendiri, nyetir jazz msi pake jins dan kaos dengan tas ditangan.. pas di CTG ternyata kontraksi tetep ada, dan akhirnya diperiksa dalam lg dan sdh terjadi pembukaan.. waaaaa.. akhirnya.. ama dokter gw gk boleh pulang lg even utk sejam doang (pdhl koper gw gk gw bawa krn gk ada yg angkatin ke mobil).. gw disuruh ambil ke admission cari kamar klo dah dpt ya ke kamar bersalin lg.. saat itu juga tangan gw diclasp pake red band bertagged jenis2 obat yg gw alergi, trus gw turun ke admission cari kamar.. thank God ada 1 kamar VIP dpt 3303, trus gw dah dpt kunci dan ID/Passkey buat penunggu.. trus gw dijemput suster utk ke kamar observasi lg krn kudu CTG terus2an skrg.. sendirian di kmr observasi, disamping bed gw (cm berbatas tirai, ada cewe ditungguin dan disupport ma mamanya) yg menurut "observasi" gw kok whiney banget ya.. mengaduh2 sampe gw bete dengernya..

akhirnya pas jam 6 sore gw dpt makan malam, gw mulai nelpon ngasi tau bonyok, abenk dan famel.. pas ngobrol ama famel yg seru, soale gw lg crita abis dpt sms dari ace hardware soal midnight sale everything discount up to 70% for member only, buat hr sabtu tgl 20.. jengkel lah gw, krn kebayang pasti bsk gw lg melahirkan dikala orang2 belanja gila2an.. mana lg banyak yg gw incer di ace.. denger celotehan gw, si ibu mbak di bed sebelah cuma ngikik aja while anaknya tambah bete krn gw seperti tertawa2 diatas penderitaan dia.. bosen di kamar gw minta mbak2 bidan spy break dr CTG krn gw mo jalan2 di lt kamar bersalin itu.. ya ud gw jalan terus mondar mandir kya setrikaan.. sampe pas jam 8 (gw msi sendiri) si ibu itu bilang, "waduh si mbak ini kuat banget ya.. msi bisa jalan2 dgn gagah".. ketawa lah gw, gw bilang blom kerasa sakitnya, msi sakit di punggung aja jd msi bisa jalan2.. itu gw msi pembukaan 2 ato 3 gitu deh.. hampir tiap jam gw diperiksa dalem, ternyata krn gw jalan mondar mandir itu pembukannya makin cepat.. yipeee tp takut juga, masak gw melahirkan sebelum abenk dateng..

kan dia terbang tgl 20 des, naik pesawat dr sor-mks jam 06, lanjut 09 terbang ke jkt, sampe sekitar jam 11, kena macet dr cengkareng jd sampe RS paling jam 13an alias siang, yg masih lama banget dr tengah malam itu.. lgsg stress mulai merambat nih.. apalagi si mbak2 bidan minta gw ganti jd hospital gown.. gw mikir, hey, is this serious? im gonna delivery my baby that soon? akhirnya bonyok dan odan dateng, simpen barang2 di kamar, baru join gw di kamar bersalin.. o iya, pas mulai pembukaan 7 gw ud mulai ngerasa ada ratu ngebor di dlm panggul gw jd gk bisa jalan2 lg.. ditemenin nyokap ya gw crita2 yg seru2 aja biar gk kerasa sakitnya.. gw naik tensi krn kepikiran melahirkan gk ditemenin abenk, tp akhirnya dikasi obat biar turun tensi dan secara psikis mempersiapkan kemungkinan melahirkan sendiri.. bener jg yg dibilang bidan2 jaga, mending lahir cepat biar bapaknya si bayi terima bersih toh dia gk bisa ngerasain penderitaan ibu yg lg bersalin haha

di kamar bersalin seberang, jam 21 si mbak mulai melahirkan.. jeritannya bikin gw bete krn menghantui banget.. pantesan cewe jd kunti klo mati pas melahirkan, emang serem gitu hehehe sekitar jam 22 terdengar oe oe oe tangis anaknya, dan bokap gw ngasi tau bahwa itu cucunya mendagri mardiyanto krn pak mar yg liat bokap lg baca dan malah nyapa duluan.. hehe ternyata drtd gw misuh2 ma anaknya mardiyanto toh..

akhirnya gw jd pasien terakhir dan satu2nya tengah malam itu.. Dr Bram my obgyn, msi di konser (tompi klo gk salah, doi ini bikinin lagu buat tompi) jd br bisa balik ke RS jam 01, sementara itu gw dikasi ke Dr Ali Sungkar, orangnya ganteng, arab putih dan tingginya 2 meter kaliiii.. menurut bidan tien rahayu (orang kediri jg, jd asik ngobrol ma bonyok) ketuban gw blom pecah jd terpaksa dipecah manual.. iiih apa pula itu.. kebayang balon isi aer dipecahin deh.. gw cm ngangkang, ngerasa ada tangan masuk dan dikasi tau gk lama lg gw bakal "pipis" air ketuban.. ternyata bener.. huaaaa ketuban gw pecah..

gw menit2in tuh jarak kontraksi, jam 12.30 si dokter bram blg mo ke RS gk jd krn dokter ali ud duduk didpn gw. dr Ali periksa dalem katanya ud lengkap pembukaan, jd bisa latian mengejan.. iiiih the most horrible experience tuh yg namanya ngejan.. disaat mulai mules, gw disuruh dorong, mulut disuruh spt gigt gemes, mata gk boleh mejam... too much to do in that kind of situation.. untung gw di kamar bersalin gk ditemenin family member soale gw jd jaim dan kalem kan hahaha

dokter konsult di chart gw, baby ok walo gede, tp kelilit pusatnya itu yg bikin gw bakal susah dorong keluarin dia.. dokternya lucu dan suka anak2, soale hpnya dia itu bunyi ketawa bayi, dia godain gw bilang," tuh, bayinya ud keluar ketawa2 lagi" hahaha bikin buyar konsentrasi gw ajah ni dokter..

pas jam 1, gw mulai serius mengejan soale rasa sakit di punggung bawah juga makin kuat.. kya ada yg ngerobek my internal organ, katanya bayi lg struggle mo keluar jg jd kudu kompak... si dokter Ali, talking to my vagina, said," ayo dong dek.. keluar.. kasian tuh mamah ud capek ngejan.. yuk keluar.. " sementara gw dibantu bidan mengejan ngeluarin makhluk yg gw gk sabar pengen liat.. trus dokternya nyanyi "goyan duyu"-nya P-Project, dan anak gw keluar dlm satu kali ngejan krn gw mo ketawa.. hahahaha

hebat dan 4 jempol (plus 4jempolnya noelle gw pinjam) utk dr Ali, yg bikin gw sempat lupa sakit dan bisa ngepush dgn kuat utk ngeluarin noelle.. my purplish, wrinkly, dirty dan ugly looking baby dibebasin dr tali pusat, dibersihin paru2nya, ditmbang dan ukur panjang (3.93kg, 53cm), dilap badan sekenanya, dikasi topi biar panas tubuhnya gk menguap lewat kepala, trus ditaro didada gw spy hangat dan IMD.. then she started to cry, suaranya serak2 gitu, malu2 lagi.. kya gw, lahir kelilit tali pusat gk bisa langsung nangis, shock kali hahaha

pas liat dia merayap nyari nipple (jago juga, matanya kan msi shock liat lampu terang benderang bukan), kok bisa dapet ya.. gw lg takjub aja ama bayi cewe yg ujug2 nangis kenceng jd gk kerasa si dokter lg ngeluarin ari2, ngejahit, trus ngeluarin gumpalan2 darah temen2nya plasenta.. para bidan jg nguyek2 perut gw supaya keluar semua darah2 kotor, biar nifasnya juga cepat kelar.. ok, whatever u say lah, gw mah ikut2 ajah..

bonyok yg nangis liat gw dan bayi gw, cucu pertama mereka.. nyokap heran aja soale gk denger gw jejeritan kya si mbak anak pak mardiyanto itu, walo perasaan gw ya adalah gw mengaduh dan menggeram2 gitu.. to be honest, setelah melahirkan gw bergumam," oh, jd cm gini aja toh? ow, okay.." hahaha God bless my big hips!!!

untungnya ada odan yg sibuk motret2 noelle pake hp (i forgot, my camera was in my bag in my room) dan merekam suara ponakannya.. sejaman merayap di dada gw, warna kulitnya jd pink, mulai keliatan kya bayi beneran.. gosh she's so cuuute.. walo dr sudut pandang gw yg keliatan dr dia nih cuma pipi aja, tembem bangeeet si bayi raksasa ini.. abenk jg tnyt begadangan dan gw suruh tidur stlh denger suara tangis babynya hahaha

abis itu gw dipindahin ke kamar 3303, disuruh tidur yg nyenyak dan pagi2 bakal liat si nonik cilik lg.. gk sabar utk ketemu dia lg, my greatest gift from God.. berikutnya terasa serba indah, apalagi stlh abeng sampe di RS, gw jd gk brenti senyum liat makhluk cilik ini, bikin gw janji ke diri gw sendiri utk jd a better person.. gw pengen jd role model yg baik buat dia, jd skrg lg berusaha ngilangin semua kebiasaan dan tabiat buruk gw..

i'm really spoiled by her, she is a wonderful baby.. bikin gw dan abenk pontang panting tengah malam cuma seminggu pertama kami dirumah, berikutnya dia ud tidur nyenyak sepanjang malam, cuma menuju tidur itu yg kadang butuh effort gw, melibatkan gerak dan lagu gitu deh.. untungnya manjur.. cuma, berhubung noelle adalah sagitarius, orangnya bosenan.. satu lagu gk mungkin mempan 3hr, harus banyak stok lagu buat ninaboboin dia.. akhirnya gw mentok dan dansa dansiin dia pake lagu2 jazz/oldies aja hahaha rewel juga cm once in a while, sisanya damai di bumi..

cuma nyusunya itu kaya baracuda, gk pake napas, sukanya berlama2, frustasi klo kelepas, akhirnya jd pumpee mommee aja, capek dan ngabisin waktu banget klo berlama2 nyusuin gt.. bukannya gw gk suka cuddling ma dia, kebetulan wkt abis melahirkan itu, dirumah gk ada pembantu sama sekali, jd kebayang aja kamar gw di atas kudu mondar mandir kudu siapin makan, ngurus anak, nerima2 tamu... hectic tp seneng..

skrg, lbh enak lg.. noelle aktif pd siang hari (tidurnya total paling cm 4 jam), dan klo malam dia tepar, late night feeding aja dia ogah buka mata, abis sendawa lgsg nyender di bantal dan nyampe di slumberland lg.. tp dia bangunnya cepet, jam 5an ud ngoceh, bangunin gw dgn nabok2 muka gw.. itu lebih efektif dibanding alarm clock hahaha jd gw siap2in sarapan dan bekal makan siang abenk, kelar semua jam 07, abenk sarapan eeh si nonik bangun dan ikut duduk di rocking chairnya di ruang makan.. anteng gk pake nangis sih.. jam 07.30 abenk ud ke halte bus @ william street, gw bisa mandiin noelle sblm jam minum susu pagi.. abis itu kita nonton tipi sama2, ato dia nonton tipi smbl denger lagu anak2 while gw browsing ato maen fesbuk.. klo mulai resah meaning wet diaper dan ngantuk, jd bobok bentar smp jam 11an.. trus maen latian merayap baru makan siang.. muter gitu terus lah.. ato kadang klo gw pengen jalan2 ya tinggal masukin dia ke babypram, pasang seatbelt abis itu jalan2 deh.. jalan kaki ato nikmatin bus CAT yg gratisan bisa keliling perth CBD..

noelle selalu sehat, gk pernah sakit diare ato batuk (kecuali abis nangis gw tinggal mandi kelamaan).. sm kemaren gw cemas soal lump bekas suntik BCG yg ternyata gk perlu dikhawatirkan.. mudah2an kedepannya keadaan tentram damai ini berlanjut.. dia tumbuh dengan sehat (3 minggu lalu dia 8.4kg, 68.5cm= bayi 8 bulan alias jumbo utk anak 4 bulan lebih seminggu hahaha). harusnya gw timbang lg pas tanggal 20 may tp lupa.. ntar malem aja lah..

so far noelle ud pengen duduk sendiri walo kadang msi doyong kekiri ato ke kanan, ud mulai merayap tp cm 5cm majunya, seneeeeeng banget klo mandi (dr umur 2 minggu gayanya kya berenang gitu), marah klo dipakein baju (naked ambition??), seneng diciumin perut, leher, pipi dan dagunya bikin dia ngakak terbahak2, suka ngoceh sendiri, jerit2 klo girang ato frustasi krn bosan, gk bisa senyum klo liat ada kamera pasti jd serius merhatiin kamera, seneng klo latian "jalan" di pangkuan gw, bete klo lg di pram trus gk gw liatin nti pasti ujug2 ujung matanya basah dan bibirnya mo mewek haha, dan malu klo digodain orang dia jd ngumpetin muka.. ih kamu kan orang batak nak, biasanya batak gk ada malunya tuh hahaha

gk sabar nunggu noelle 6 bulan, pengen tau kemajuan dan penemuan2 dia apa lagi.. i love u so much, baby noelle.. always and forever ill be taking care of u just like God watching us..

"Yesus, aku mempersembahkan anak ini kepadaMu. Aku menyerahkan dia ke tanganMu, seperti Maria menyerahkan Engkau ke tangan Simeon.
Yesus, Engkau telah bersabda, "Biarkanlah anak-anak datang kepadaKu". Engkau memang mengasihi anak-anak secara khusus. Sebab itu aku menghadap Engkau untuk menghaturkan syukur yang tulus atas kelahiran anakku yang terkasih ini.
Yesus, berkatilah anakku ini, dengan badan yang sehat, pikiran yang cerdas dan rasa bakti yang besar sehingga kehadirannya di tengah kami sungguh menjadi sumber kegembiraan keluarga.
Yesus, aku bersyukur atas bayi mungil ini. Berilah aku kekuatan supaya dapat membesarkan dan mendidik dia sebaik-baiknya. Kabulkanlah doa ini yang kami alaskan dalam nama Tuhan Yesus, Juruselamat orang yang percaya. Amin"

No comments: