this is the place where i poured stories of my life, my thoughts, my feelings also my ideas.
there's excitement, sadness, laugh, desperate, anger, happiness, and other kind emotions.
i just hope that we can learn something..

Wednesday, May 27, 2009

thrifty mom part 1

pindahan apartemen mendadak ini bakal bikin tabungan abis utk bli barang2 dan keperluan rumah tangga.. jaman resesi ekonomi gini, bikin gw mikir berkali2 klo mo bli barang2.. bli bener2 yg dibutuhkan, jangan yg diinginkan.. tau sendiri kan, keinginan gk akan pernah abis, barang bagus pasti adaaaaa aja terus..

akhir pekan kemaren gw ma abenk ud blanja furniture dan home appliances, tinggal printilan2 aja yg blom ada.. sempet bli dinnerware tp bener2 buat kami berdua aja, yaitu bake 'n serve chinaware (piring bundar dan piring lasagna yg bisa dioven dan langsung dihidangin), 2 piring makan indonesia, 2 piring makan datar, 2 bowl, 2 mug, dan satu set gelas isi 6. bener2 seperlunya, sebelumnya liat di ebay banyak orang2 yg moving sale, mulai dari used items sampe unused items.. gw ngebid di 54 pcs dinnerware(6xplates, sideplates, cereal bowls, cups+tatakannya, wine glasses) dan set 4 ricebowls+chopsticks, dan setelah berjuang melawan bbrp bidder laen, gw menang.. masing2 diharga $15 dan $10.. murah dibanding bli baru ditoko, pemiliknya mo pindah ke sydney dan gk mo bawa barang2nya..

abis menang gw atur payment dan pick up method, krn barang2 kya gitu gk mungkin di pos-kan krn bakalan mahal banget kena charge volume/weightnya gede.. gw tanya ma penjual soal dimensi kotak dr 2 set perlengkapan makan itu spy jelas muat apa kagak di shopping trolley gw (bole dapet dr monic, berguna banget), si seller itu ngasi dimention measurement yg menurut gw muat di shopping trolley.. tinggal gw cari cara ke duncraig (suburb di utara perth, sekitar 25 menit naek mobil pribadi) tempat si seller ini.

gw dapet moda kereta dan bus, yg ditotal2 40 menit utk sekali jalan.. wajib tepat waktu biar gk ketinggalan kereta/bus, nunggu next service itu yg bikin lama dan nantinya jd repot lagi deh pokoknya..

soo, kemaren gw dan noelle (gw bawa pake babycarrier, berat bangeeeeet) jam 7.45 ud keluar apt menuju perth underground station (2mins dr apt), ambil kereta joondalup line yg bakal lewat stasiun terdekatnya duncraig yaitu warwick station (13mins). sambung bus 441 yg lewat marmion avenue trus turun dibus stop 17964 sebrang marri road (7mins) , baru jalan kaki menuju rumah si seller yg sekitar 1.2km dr pinggir jalan raya itu..

lingkungan rumah di duncraig enak, keliatan isinya kepala kuning semua (abenk bilang duncraig isinya expat orang2 inggris), pecinta olahraga laut, rata2 punya boat ato jetski di garasinya). perjalanan dengan kaki menyusuri trotoar di kawasan berkontur menurun, bikin gw mo marah krn kebayang gw bakal nyeret shopping trolley penuh berisi barang2 pecah belah sambil gendong noelle, berjalan kaki menanjak pula... lengkap sudah "penderitaan gw".. hehehe

masalah muncul pas mo masukin box 54pcs dinnerware itu, ternyata gk muat krn si seller salah ngitung.. akhirnya masuk ke trolleynya diecer perkelompok, untungnya muat semua dan bs diakalin ama karton2 keras, dan tas kanvas gw.. safe dan secure lah..

akhirnya, setelah ngambil barang gw dan jalan menanjak ke marri rd lagi, noelle terkulai tertidur krn keayun2 dan kena udara dingin.. bagus deh klo dia tidur gk gerak2 dlm gendongan kan meringankan beban gw.. gk lama nunggu di halte 18077, muncul bus 441 yg bakal nganterin gw ke warwick station lg utk naek train ke perth CBD lg.. sempet motret tiang listrik krn beberapa hari ini gw seneng banget liat tiang listrik di suburb yg dari kayu di cat ijo..

jam 10.15 gw dah sampe di apartemen dgn selamat, dan gk ada satupun piring yg pecah gw ato gompel (trimakasih pak supir bus, sesama penumpang bus dan train yg sabar menunggu gw bergerak pelan2 krn bawa anak dan shopping trolley).. so, 25 dolar plus ongkos naek train dan bus yg gk sampe 5 dolar jd kerasa menghemat banget hihihihi

sebenernya, gw terinspirasi utk jadi orang yg hemat gara2 oprah show, apalagi jaman resesi kaya gini gk bijak banget klo kita mempertahankan pola hidup konsumtif kan.. disitu dia nantangin bbrp keluarga amerika yg konsumtif utk ninggalin kebiasaan mereka.. ada keluarga yg pindah ke rumah yg lebih sederhana, ada keluarga yg disuruh gk make kartu kredit slama seminggu, ada keluarga yg ngguntingin kupon belanjaan dr koran (grocery shopping $229 dolar jadi cm puluhan dolar saja krn menggabung bbrp kupon belanja dan store promotion)... banyak cara utk berhemat lah..

o iya, krn kecapean jalan nanjak itu gw kan critanya kecapean, jd malas masak yg menuntut gw berlama2 dapur.. alhasil gw cm bikin potato wedges and cheese kransky, ditemenin wortel rebus dan tumis bayam jagung.. total dinner gw ma abenk dengan menu ini hanya sekitar $3-4 aja, itupun $1.5nya buat si sosis.. sisanya krn kentang, bayam, jagung dan wortel merupakan produk asli australia ya murah banget hihihi



gw ud nyoba grocery shopping seminggu sekali, bener2 belanja sesuai kebutuhan biar gk ada yg basi ato rusak walo masuk dlm kulkas, jajan cuma pas weekend (eh pas furniture hunting kmrn kami bawa bekal springroll dan nugget, juga crakers buat selama perjalanan) dan mencatat semua pengeluaran sampe ke angka sen-nya..

lumayan deh, perasaan klo ngeliat angka pengeluaran makin kecil jd makin seneng gw.. mulai bulan depan kerasa banget nih, hidup di tempat sendiri (utk pertama kalinya) gw dan abenk bakal ngerasain yg namanya bayar rent apartemen, listrik, gas, telfon, air, dan alat2 rumahtangga, yg dulu pas di sorowako semua kami dapetin dari langit alias kebaikan Tuhan lewat perusahaan hehe skrg di apartemen sementara ini juga ya msi gratisan, jd kami mulai transisi nih..

kami pengen punya mobil tp sebenernya gk perlu2 amat krn disini publik transportnya nyaman banget. ada bus gratis keliling perth CBD (red, blu and yelow CAT/ central area transit) dan free transit zone yg memungkinkan kita ngebus di zona itu tnp bayar walo kitanya tetep harus ngetag kartu SmatRider pas naek ato turun bus..

cuma kayanya harus tetep bli juga nih, abis klo winternya ujan2 gini rada repot apalagi bawa noelle belanja ato apalah, halte2nya kadang gk pake canopy jd terbuka begitu aja, kebayang klo ujan deres keluar bus sama aja ama mandi ujan kan..

gw pengen kerja, tp utk bayar sitter harian/childcare buat noelle kok sayang banget uangnya.. lagian dia masih butuh stimulan langsung dr ortu, pasti beda klo ditempat penitipan ato diurus orang laen.. nanti gw bakal cari jalan utk kerja di rumah deh, sesuatu yg produktif tnp mengorbankan quality time gw ma noelle..

"Tuhan, bantu aku ya, kasi aku petunjuk pekerjaan apa yg ideal buat kondisiku sekarang ini.."

No comments: