this is the place where i poured stories of my life, my thoughts, my feelings also my ideas.
there's excitement, sadness, laugh, desperate, anger, happiness, and other kind emotions.
i just hope that we can learn something..

Saturday, March 04, 2006

bertahan dengan transportasi publik di jakarta? hmmm

mungkin penilaian sejumlah orang, bahwa "ibukota lebih kejam dari ibu tiri" itu ada benernya.. gw udah kenyang yang namanya kekejaman ibukota, sektor transportasi publik tepatnya..
liat deh, dua hari terakhir yang ada di tipi tuh kecelakaan kereta api.. yang pertama di deket stasiun kebayoran lama, penyebabnya atap salah satu gerbong yang rubuh.. gimana gak rubuh, wong atap gerbong kereta tuh udah pada karatan gitu didudukin ratusan orang.. ditambah goncangan dan beban penumpang bikin bodi kereta berderak2 dan terjadilah kenaasan itu... yang tadi diberitain, salah satu korban namanya didi or sapa lah, umurnya 25 tahun jadi tulang punggung keluarga tapi harus jadi korban penumpang yang panik.. dia gak cuma terbentur tiang besi tapi juga keinjek2 ampe tulang rahang dan dagunya patah.. saat ini dia masih dirawat di rs pertamina/rs permata hijau, dan siang ini bakalan dioperasi... keluarga dia mempertanyakan biaya pengobatan siapa yang bakalan nanggung? bukan cuma dia aja yang jadi korban, masih ada beberapa lagi yang luka2 berat dan ringan lainnya..
tadi pagi ternyata ada kejadian lagi, kabel kereta rel listrik (KRL) melengkung di deket stasiun gondangdia.. bikin penumpang (lagi2 yang duduk di atap) panik dan berloncatan dari atap kereta... satu orang gak cekatan dan mati tersengat listrik dan sisanya patah2 tulang, entah karena pendaratan yang gak sempurna ato jadi korban pendaratan orang lain.. mereka dirawat di RSCM.
yang ada di tipi, humas KAI Ahmad Sujadi bilang, kabel listrik yang menggerakkan kereta gak akan menimbulkan korban seandainya tidak ada penumpang yang duduk di atap kereta. ya menurut gw juga gitu, korban tewas ato cidera itu bener2 orang2 yang dari awal emang cari masalah..
susah banget bangsa ini, diajakin tertib untuk kebaikan diri sendiri kok sulit ya.. bukan cuma itu aja, semalem juga ada berita kopaja jurusan lebak bulus-kota yang overloaded (60 persons!!!) ngebut di jembatan lima dan rem-nya blong ampe nabrak mobil kijang. alhasil empat penumpang kopaja tewas di tempat dan lainnya cidera berat maupun ringan.. prihatin banget deh..
apa iya karena gw dan pengguna sarana transportasi umum lainnya yang cuma bayar Rp2000 lalu nyawa kami juga dihargai segitu juga? emang keterlaluan deh para penyelenggara angkutan umum itu, yang diinget cuma setoran. soal keselamatan, boro2 pelayanan ato kenyamanan penumpang mah cuma nomer sekian..
sering banget kejadian tiap naik metromini 76 kp. rambutan-blok m, yang tempat duduknya cuma 27 (kayanya ya, tiap metro beda2) diakalin pake bangku kayu buat 2 ampe 3 orang, masih dijejelin lebih 20-an orang bediri. kebayang deh, tu kernet kalo lagi nagihin duit jadi kaya' "nyelam" di antara penumpang.. kaco banget.. itu belum selesai, penderitaan penumpang masih ditambah copet(damn!!) dan kelakuan sopir yang ngebut2 dan gak bisa stay dijalurnya, seneng banget pindah2 lajur kiri kanan dan sebaliknya yang judulnya malah bikin tambah macet cet..
kadang2 kalo gw duduk di kopaja/metro pas dibelakang sopir tuh suka tempted mau nyekik sopir yang ugal2an, tapi setelah gw pikir2 lagi itu malah lebih membahayakan penumpang lainnya... hmmm
gw juga inget, kapan itu lagi di terminal rambutan, kebeneran kopaja 605 rambutan-blok m via cilandak yang gw tumpangin itu masih ngetem.. seperti biasa para penjual asongan proaktif menjajakan dagangannya kan, mulai dari penjual tisu permen rokok buah telur tahu ampe mainan pulpen dan buku doa. nah yang nyebelin mah yang jualan buku doa, kata2nya ," buku doa (gw lupa judulnya), buku doa buku doa, murah murah murah untuk dibaca di perjalanan. kopaja ini bannya sudah tipis, besar kemungkinan pecah di jalan tol, tidak ada kata terlambat untuk membeli buku doa."
UUUGH kenapa juga sih persuasifnya pake cara seburuk itu.. menyebalkan banget, yang gw tau orang2 kan tiap mau ngapa2in pasti berdoa dulu minta supaya selamet di jalan ampe tujuan.. gw perhatiin gak ada yang tergerak membeli buku.. entah penumpang2 lainnya sempet merhatiin ban yang mungkin gak tipis seperti yang dibilang si penjual, ato imannya pada tebel2. judulnya, si penjual keluar dengan kocek yang sama seperti sebelum naik kopaja gw hehehe
whatta week for me, yang ada cuma kecelakaan2 terus.. kapan itu senin or selasa ya, ada kecelakaan di jalan tol tb simatupang km 29-800 masih daerah gedong, pasar rebo. kijang/panther merah ampe nyungsep di parit tol, ban diatas semua dan arah mobil jadi kebalikan.. entah "temen" tabrakannya mobil apa, yang pasti jalanan penuh serpihan kaca2.. jalanan macet banget, ambulans mondar mandir.. ternyata -kata si sopir metromini- deket jembatan itu rada spooky karena bulan lalu teh ada laki2 gantung diri.. hiiiiiiy..
udah ah, mo makan ma ella di rm padang PURNAMA di sabang.. kayanya enak banget makan ayam goreng plus daun singkong dan sambel ijo.. yumm (prihatin mode off)

No comments: