this is the place where i poured stories of my life, my thoughts, my feelings also my ideas.
there's excitement, sadness, laugh, desperate, anger, happiness, and other kind emotions.
i just hope that we can learn something..

Tuesday, February 19, 2008

the first black family @ trinidad, colorado

barusan nonton bagian dua dari tiga episode OPRAH & GAYLE's BIG ADVENTURE dimana oprah dan 17 krunya itu travelling 3,600-mile path cross-country road trip across america mulai dari LA to NY. hari ini dikasi liat mrk di ARIZONA-COLORADO.. bsk episode terakhir dari KANSAS ke NY..
gw inget hr ini perjalanannya menarik, di awal tayangan dikasi liat oprah n the gank ke WINDOW ROCK, Az; tempat bermukimnya ribuan keluarga suku NAVAJO, dimana sebagian besar di antara anggota komunitas itu miskin, gk bisa bicara dlm bahasa inggris tapi somehow mrk gk mau ninggalin wilayah itu krn takut kehilangan akar tradisi mereka.. jadi si oprah disambut dengan tari2an dan doa2 indian, abis itu untuk membantu komunitas itu dia blanja-blanji handcraft lokal spt selimut, perhiasan dan tembikar..
kelar dari situ oprahnya jalan terus, ke kota kecil namanya DURANGO, ketemu sama mantan chefnya dia, Paul something, yg buka tavern dan didatengin oprah (SUPRISE!!) yg desperate pgn makan real food instead of junk food.. di kota itu juga dikasi liat bahwa penduduknya pada sehat semua gk ada yg gendut.. oprah thea nyetop locals yg lg sepedaan siang2, orang itu bilang dikota itu mereka dapat kelimpahan sinar matahari jadi bisa ngelakuin banyak aktifitas alam seperti bersepeda (di kota maupun di gunung), hiking, kayaking, berenang dll.. trus ada satu orang ibu2 dari Kansas yg gendut, dia bilang emg sengaja pindah ke kota itu krn denger ttg sehatnya penduduk durango jadi bela2in pindah ke situ.. buset dah.. segitunya..
yg paling menyentuh adalah pas oprah ngunjungin salah satu penonton setianya, REGINALD CARTER, yang merupakan salah satu survivor BADAI KATRINA di LOUISIANA. keluarga carter (sepasang suami istri dengan lima anak) itu bener2 kehilangan segalanya dalam bencana alam tersebut, jd mereka bonek pindah ke TRINIDAD, Colorado; untuk memulai hidup baru.. mr. carter (sekitar 35 th) pernah nulis ke oprah bahwa dia bersyukur dengan keadaannya sekarang, ude move on, membangun kehidupan yang baru walopun awalnya dia cemas banget krn blank sama sekali dgn keadaan t4 tinggal barunya itu.. mr. carter cerita bahwa semua tetangga nerima mereka yang merupakan satu satunya keluarga kulit hitam di kota trinidad itu, mereka gk sungkan2 ngasi baju dan keperluan untuk keluarga carter. carter bilang, mereka gk melihat warna kulit kami. dan di layar tv dikasi liat kegiatan komunitas trinidad, bener2 kota kecil dan keluarga carter mingle ama warga setempat, anaknya yg cewe (sekitar 4th) dipangku ama tante2 bule.. asik banget deh..
klo dah kya gini ya gw juga mikir, di amerika kan msi banyak orang yg rasis, peer presure di sekolahan tinggi.. di bidang politik juga ada rumus WASP (white, anglo saxon, protestant) untuk jadi presiden mereka, klo dah gini gw wondering, BARRACK OBAMA mungkin kah jadi the next PRESIDENT of USA???
jadi inget kapan hari oprah pernah interview obama dan istrinya, dan nanya soal running for the president.. saat ini obama jadi senator dari Illinois, dan pada konvensi nasional partai demokrat tahun 2004 dia ngelempar topik soal "first black president".. btw oprah ama obama akrab bgt, wawancaranya di rumah obama di chicago.. no wonder bisa akrab, secara chicago (lokasi kantor harpo productions) kan ibukotanya illinois.. jadi oprah adalah bagian dari people of illinois yg kepentingannya terwakili oleh obama, dan waktu perang dukungan keliatan oprah on campaign stage bilang dia dukung obama, while (di tempat berbeda) jack nicholson dukung calon lain demokrat, former first lady, hillary clinton..
soal interviewnya obama itu gw kutip ya, "we can win this race, and i think i have the aptitude to be a really terrific US Senator, and i think that i can serve the people of illinois really well. and that if i've done in my first term, at the end of it, the people of illinois say, this guy's been serving us well, then i think i will be in a strong position to have a lot of influence in this country for a long time to come. whether or not i'm president.."

No comments: