this is the place where i poured stories of my life, my thoughts, my feelings also my ideas.
there's excitement, sadness, laugh, desperate, anger, happiness, and other kind emotions.
i just hope that we can learn something..

Sunday, February 03, 2008

olliebollen = rocket science?

hmm hari minggu gini gw niat bikin camilan untuk dinikmati suami pulang ngegame.. namanya olliebollen, belanda banget ya.. gw kenal makanan ini dari jaman gw kecil, nyokap gw kan suka masak dan bikin kue apalagi yg jawa dan manado style gitu.. nah, manado ini kan ke belanda-belandaan makanya banyak nama makanan yg judulnya pake bahasa belanda.. tau kan ada klaaperkoek-kue kelapa, klaaplertart-tart kelapa, speculaaskoek-kue yg pake bumbu spekulas, bitterballen-bola daging berpanir yg digoreng.. nah klo si olliebollen bisa diartiin oli=minyak, bollen=bola, masa gw masak bola minyak sih? haha

bahan2 udah gw bli dari sabtu kemaren, blinya di pasar magani.. untung semua bahan ada di satu toko jadi gw gk pake keluar masuk toko.. jadi hari ini keluar rumahnya cuma pas greja pagi, abis itu mkn coto, ntn bentar di rumah abis itu gw nyuruh abenk maen game (ekskul akhir pekan pukul 15.00-18.00 wita) sementara gw bereksperimen di dapur..
rada cemas juga pas buat olliebollen ini, krn tau sendiri kan dimana2 yg namanya resep kue udah seperti rocket science yaitu pake takaran yg hrs precise klo gk mau hasilnya gagal.. naaaah di dormi ini gw blm punya timbangan.. untungnya ada gelas takar jadi rada bonek aja sambil berdoa supaya hasilnya bagus.. sempet cemas pas adonan gk ngembang krn gw taro di suhu kamar yg dingin (AC nonstop) jd gw akalin dgn disimpen di microwave.. puji tuhan gw gk gagal dan hasilnya dipuji suami hehe pas dia pulang ke dormi langsung snif snif dan bilang ,"beib, baunya harum banget. bikin apaan niiiy?" langsung gw sodorin deh olliebollen perdana gw.. liat deh, presentasinya gk kalah ama kafe kaan? suami seneng, gw lega krn worth the effort, yg sebenernya juga gk susah2 amat sih ;-))
berikut ini resep olliebollen:
  • 250 gr tepung terigu, ayak
  • 1/2 sdm ragi instan, ayak
  • 1/2 sdt baking powder, ayak
  • 2 sdm susu bubuk
  • 2 btr telur ayam, ambil kuningnya aja
  • 50 gr mentega, lelehkan (preferably pake microwave)
  • 1/2 sdt garam
  • 100 ml air (klo gw pake susu cair biar lbh yummy)
  • 150 gr kismis dan manisan ceri merah yg dicincang kasar
  • minyak untuk menggoreng
  • 50 gr gula bubuk untuk taburan
pembuatannya :

  • campur tepung terigu, ragi, baking powder dan susu bubuk sampe rata.
  • tambahin kuning telur, mentega cair dan garam terus diuleni sampe rata.
  • tuang susu cair dikit2 sambil diulenin terus sampe adonan kalis dan gk lengket di tangan.
  • setelah itu campur cincangan kismis dan ceri merah dan diuleni sampe merata baru adonan dibuletin dan disimpen di tempat yg rada anget sambil ditutup kain lembap supaya adonannya membesar 2x lipat, sekitar 30 menitan.
  • setelah itu pukul adonan untuk ngeluarin udara, baru dibentuk bulat2 sesuai selera. klo suka bola2 kecil silahkan, mau giant ballen juga mangga wae.. tapi dengan resep ini kmrn gw dapet 37 bollen yg bentuknya gk even, gw kan pemula jd boleh dunk..
  • setelah dibulet2in baru para bollen itu digoreng sampe warnanya golden brown..
penyajiannya :
  • susun olliebollen di piring, baru ayakin gula bubuk di atasnya.. jd kaya snowy gitu deh hehe.. sajikan (dan habiskan) segera!!!
niat banget gw sempetin foto2 step2nya, tapi pas ngadonin gk bisa foto2in krn gw pake both hands hehe

bollen berbaris tak beraturan

bollen masuk penggorengan

bollen ditiriskan

bollen kena hujan gula bubuk

olliebollen yg cantik, siap disantap..

No comments: