this is the place where i poured stories of my life, my thoughts, my feelings also my ideas.
there's excitement, sadness, laugh, desperate, anger, happiness, and other kind emotions.
i just hope that we can learn something..

Wednesday, February 20, 2008

ayam saus lemon

sore ini gw masak boleh nyontek dari acara TV @ discovery travel&living, acara surreal gourmet.. nama masakannya sih golden crispy chicken with lemon sauce, klo gw ngikutin resepnya bakalan kerasa bahwa saus lemonnya cenderung asam-manis doang, jadi td gw rada berkreasi dgn nambahin rasa pedas..

trus chefnya kan bikin hidangan ini from the scratch, klo gw kan males dan msi blm terlalu akrab megang daging mentah, jadi gw pake produk siap goreng aja, yaitu chicken karagenya fiesta.. dan setelah nyobain sausnya, menurut gw ya applicable jg buat segala jenis masakan daging gorengan/panggangan..

tadinya sempet cemas juga abenk gk bisa makan ayam ini krn rasa asam lemonnya kuat (doi kan maag jd biasanya menghindar dari jeruk dan sumber rasa asam lainnya), turns out dia bisa makan dan DOYAN hehe kata abenk sih rasa asamnya msi acceptable di lidahnya, jd aman2 aja.. lumayan lah, gw kan gk bisa masak, msi blm dpt feeling di depan kompor dan sekalinya masak boleh niru chef di layar kaca hasilnya gk malu2in.. dan menu malam ini : nasi putih, sup ayam, oseng tahu dan ayam saus lemon..

bahan :

  • 250 gr potongan ayam goreng
  • 1/2 sdm tepung maizena, cairkan dengan 3 sdm air panas
  • 100 ml air
  • 1 bh lemon, parut kulitnya, peras 1/2 lemon (klo gk suka rasa asam ya dikit aja)
  • seledri, sesuai selera, cincang halus
  • gula, sesuai selera
  • garam, sesuai selera
  • 3 sdm sambel a la bangkok (boleh nambah klo suka pedas)

cara :

  • didihkan air lalu masukkan larutan maizena, aduk2 hingga kental.
  • tambahkan air lemon, gula dan garam
  • tambahkan parutan kulit lemon, daun seledri dan sambel a la bangkok, aduk2 hingga merata..
  • tuang di atas ayam goreng, sajikan segera..

No comments: