this is the place where i poured stories of my life, my thoughts, my feelings also my ideas.
there's excitement, sadness, laugh, desperate, anger, happiness, and other kind emotions.
i just hope that we can learn something..

Thursday, February 21, 2008

sorry is (not) the hardest words

maaf..
meminta maaf..
memberi maaf..
menerima maaf
menyampaikan maaf..
banyak bgt 'by product'nya kata maaf.. tapi yg sering kali kejadian dalam rumah tangga gw adalah acara meminta-memberi maaf.. waktu jaman pacaran, gw jarang bgt berantem2 ma abenk, pan jarak jauh, jadi pacarannya klo gk lwt telpon, sms ato chatting.. tapi teteup aja ada 'celah' untuk berantem, krn adanya miskomunikasi..

kadang yg bikin berantem itu malah hal2 yg gk cukup penting untuk merusak suasana, tapi bikin gw ma abenk untuk gk komunikasi selama beberapa waktu.. yup, gw ma abenk milih withdraw untuk menenangkan diri, krn (dulu wkt mudaan) gw ada kecenderungan 'meledak' dan malah memperkeruh suasana.. naah, dalam suasana dingin tegang itu someone has to make an effort untuk berdamai, sebelum hubungan yg ada malah drift away, dan takutnya issu-nya malah berkembang ato jadi bias..

yg gw puji dari suami gw ini (dari jaman pra-suami juga dink), dia tuh selalu berupaya memulai perdamaian.. mungkin krn dia ini libra, jadi timbang tinimbangnya lebih bagus daripada gw, yg banyakan mikirin diri sendiri.. caranya persuasif banget, dan kadang gk pake lama gw dah lumer lagi deh.. tapi klo marahannya krn sesuatu yg prinsip, well, not that fast, mister!!

namun, yg sering kejadian siiiih, abenk minta maaf sekali dua kali msi gw ngulur2, msi bete soale.. tapi pas abenk minta maaf lg dgn nada yg lbh sincere, mulai luluh deh gw.. abis itu dia nanya, "aku udah dimaafin, sayang?".. gw jawab,"ya dimaafin lah." dia nanya lagi, "kok pake lah, kya gk rela gitu," ni orang banyak nawarnya ya.. abis itu gw ralat jawaban gw,"dimaafin." tapi kebaca kan, gk msi bete.. abis itu teletubbies, tapi klo gw emg blm cheer lg ya meluknya kya manggul sayuran layu gitu deeh.. sesudahnya gw -klo emg masalahnya bikin gw mellow bgt- pst msi diem2an.. dan gk lama kemudian gw mulai mengeluarkan prosa2 curahan hati, yang abis itu bikin abenk jadi ngerasa bersalah lagi.. bisa ditebak abis itu diem2an saling meresapi kata2 yg diungkapkan terhadap satu sama lain.. kadang dalam proses meresapi itu bisa diselingi kegiatan2 lain, misalnya makan malam, hangout ma temen2, jalan2, mandi yang dilakukan baik bersama2 maupun individual.. ntr klo suasana hati dah lbh enak, -ciri2 gw yg dia kenali adlh mata gw kembali bersinar2- biasanya buka forum soal berantem terakhir..

klo udah gitu giliran gw tuh, yg bilang, "abenk, maafin ya, td aku bla bla bla.. padahal bla bla bla.. akunya td gk maksud bla bla bla, mudah2an aku gk nyakitin hati kmu.." dan abenk dengan hati legowo -asumsi gw- pasti bilang, "gk papa, ayank.. aku yg minta salah krn bla bla bla. gk kepikiran klo bla bla bla.." jadi gitu deh, yg awalnya meminta maaf malah dimintain maaf and vice versa..

padahal kan dari bermenit2 ato berjam2 sebelumnya bisa aja acara saling meminta-memberi maaf itu dilaksanain..

jadi inget semalem, berdua baru kelar mkn malam disambung nonton AI di *world 18.00-20.00 wita, masuk ke penyanyi ke tiga ato empat, ada telp masuk ke ponsel abenk, percakapannya hanya jawaban yg mengiyakan sesuatu yg ditanyakan oleh penelpon. dasar cowo ya, singkat dan padat, beda banget ama cewe.. abis itu gw nanya, ada apa gerangan? gw rada curiga soale wajahnya berbinar2, mirip2 wajah hari sabtu (jam 14-18) dan minggu (jam 14-18) yg merupakan waktu maen game DOTA ama cowo2 laen.. ternyata abenk bilang ada ajakan makan durian jam 19.30 wita, and he said yes, without asked me.. gw diem aja, tapi abis itu dia kyanya ngerasa air muka gw jadi mendung, jd dia nanya deh,"kmu kenapa, sayang? kok diem aja?".. baru deh gw ngomong, bahwa gw gk suka dia ngeiyain sesuatu, yg ngelibatin berdua tanpa nanya ke gw, dan abis itu gw suruh dia pergi sendiri tanpa gw.. dia rada kaget aja, ngirain gw bakalan ok ok aja ama ajakan kya gitu, maksudnya sih emg baik spy gk dianggep sombong ama temen2 maen dia..

well, to be honest, jam 18.30 itu gw blm mandi, pdhl td siangnya fitness jd kebayang dunk rambut lepek dan mandinya kudu pake keramas, yg artinya ada acara ngehairdryer yg butuh waktu tertentu.. -jujur, dari siang gw dah niat, mandi kramasnya ntar sore aja trus gk mau pake hairdryer biar bushy-nya rambut gw ngalahin hermione granger, tapi oh tapi harapan suka gk kompak ama kenyataan- soo, yg bikin gw kesel adalah dia ngeiyain, tanpa nanya gw, while gw kudu ngerjain semua itu dalam waktu kurang dari sejam, dimana yg mau dikeringin adalah rambut gw yg panjang ini?? ARRRRGGGGHHH!!!

setelah kagetnya abenk berlalu, qta malah jadi diem2an, mksdnya gw ntn tv, abenk sibuk sms-an.. abis itu siapa ngomong apa, abenk bilang dia dah batalin lwt sms.. nah, disitu gw jd kesel dua kali, masalah mengiyakan pertama gk pake nanya gw, terus ngebatalin juga gk pake ngomong ke gw. yg gw mau kan diskusi dulu bukannya gerilya sms di luar sepengetahuan gw..

hampir meledak deh gw, sampe akhirnya gw bilang, kebiasaan buruknya dia itu dah dia sadarin, decisive yg one man show -kebiasaan hidup sendiri jd blm biasa dgn ide/kenyataan telah hidup bersama istrinya yg udah rela tinggal dit4 terpencil-.. akhirnya qta mutusin tetep pergi, jadi gw mandi, dia juga mandi, msi diem2an, gw ngeringin rambut, kmi dijemput beny tepat waktu 19.30 wita -while rambut gw blm kering semua, god i hate going out when my hair hasn't completely dry- dan untungnya gw bisa maintain mood gw tetep HIGH..

No comments: