this is the place where i poured stories of my life, my thoughts, my feelings also my ideas.
there's excitement, sadness, laugh, desperate, anger, happiness, and other kind emotions.
i just hope that we can learn something..

Wednesday, February 27, 2008

vegetarian day..

rabu abu, abenk kudu berpantang jd kami makan masakan vegetarian, dengan menu sayur labu plus tempe yg dimasak santan, dan terong goreng renyah dgn sambel minyak.. berubah dikit dari rencana tadi pagi, yg pake tahu goreng juga..
sumpe deh, hari ini harap2 cemas pas bikin sayur labu dan tempe bersantan itu, soale ini kali pertama gw hadap2an ama si labu, the ugliest vegetable i ever met.. udah gitu, dari satu labu itu pas udah dipotong batang kecil2 jadinya buanyak banget, alhasil gw cm pake setengahnya ajah krn kan yg makan emg cuma berdua abenk, lagian males juga nyimpen masakan bersanten..
tempe juga direduksi dari tiga tempe daun jadi dua tempe ajah krn pas udah dipotong dadu jadi banyak juga hehe klo pas bikin terong goreng tepung mah udah jagoan, pan seminggu sekali gw masak si ungu ini, kadang buat cemilan kadang buat lauk.. tapi kayanya baru sekali ini abenk bakal makan terong buatan gw.. terong ya, bukan tedong hahahaha...

resep terong goreng renyah sambel minyak:

bahan:
  • 2 buah terong ungu
  • 2 butir telur, kocok lepas
  • tepung bumbu
  • garam secukupnya (soale msi kurang asin menurut gw)
  • merica secukupnya
  • minyak goreng

bumbu halus :

  • 10 buah cabai merah
  • ½ buah tomat merah
  • 4 siung bawang merah
  • 1 siung bawang putih
  • ½ sdt garam
  • gula pasir sejumput
  • kecap ikan
cara bikinnya:
  • bersihkan terong, lalu potong masing-masing miring kira-kira 1 cm dan bumbui dengan garam dan merica
  • balur dengan tepung bumbu, lalu dicelup ke kocokan telur, kemudian ke tepung bumbu lagi.
  • panaskan minyak dalam penggorengan, goreng terong (deep fried) sampe mateng yaitu warna golden brown gitu, sisihkan
  • dalam wajan lain, panaskan 3 sdm minyak lalu tumis bumbu halus sampai aromanya harum dan kering.
  • klo mau, terong goreng bisa dimasukkan ke wajan berisi tumisan sambel, ato bisa juga sambelnya dispread di atas terong seperti favorit gw.. terongnya jg teteup crunchy klo gitu caranya..
nah, kita alihkan perhatian sejenak ke sayur labu, yg menurut gw emg butuh sedikit waktu dan effort untuk menyayanginya.. dulu pas di jakarta, gw kan once in a -great- while bantuin nyokap di dapur, tapi untuk labu gw emg bener2 blank memori gw.. ada sih potongan2 memori masa lalu, seperti gw lg ngangkat plastik belanjaan berisi 3 labu, ato gw ngerajang2 labu yg udah dikupas, ato gw lg nyendok sayur lodeh, ato pas gw makan lalapan labu mini plus sambel mentah.. HARI INI gw bener2 ngerasain yg namanya nyuci labu, ngupas labu (ada ceruk2nya segala) keluarin bijinya, sampe ngerajang labu jadi kecil2.. rasanya gw semakin mengenal karakternya si labu ini, pas mentah teksturnya crunchy (mirip2 pepaya mengkal), wajar krn banyak aer, klo kena panas pst loyo dan pas gw masak gk pake lama lunglai lah si batang2 labu.. too bad pas gw hidangin kebanyakan kuah sampe labu dan tempenya tenggelam, jadi pas difoto close up pun gk kentara banget itu benda apaan.. jd gw milih pic ini ajah, sayur enam rajangan cabe hahaha

resep sayur labu dan tempe masak santan

bahan:
  • 1/2 buah labu siam, potong korek api
  • 2 bh tempe daun, potong dadu (tempe disini kecil, gw dapet 40 dadu)
  • 200 ml santan kental
  • 2 lembar daun salam
  • 3 lembar daun jeruk (tidak punya)
  • 2 cm lengkuas, keprek (tidak punya juga)

bumbu halus :

  • 5 buah cabai merah (bisa ditambah atau dikurangi sesuai selera)
  • 2 siung bawang putih
  • 4 siung bawang merah
  • 1 butir kemiri
  • 1 sdm udang kering ato ikan asin (tidak punya euy)
  • garam
  • gula

cara mengolah (cieee):

  • cairkan santan jadi 1ltr santan encer, didihkan, lalu sisihkan
  • sementara itu tumis bumbu halus hingga harum, tambahkan daun salam (daun jeruk dan lengkuas jg klo ada).
  • masukkan potongan tempe dan labu siam, tumis sebentar, bubuhi garam, tuang santan sampai labu dan tempe terendam, masak hingga labu siam layu.
  • setelah itu tuang sisa santan ke tumisan labu siam, masak hingga mendidih sambil diaduk-aduk agar santan tidak pecah hingga matang.
    hias dengan bawang goreng dan irisan cabe besar.
psst, pas dimakan abenk gw kan perhatiin dengan seksama dia nyendokin nasi berkuah santan ada tempe dan labunya diikuti terong goreng berbalut sambel minyak, lagi2 dia bilang ENAAAAK diikuti puja dan puji.. duh, koki pemula jadi tersipu2 dan semakin lahap makan masakan sendiri.. wekekekek gw sih masih menilai masakan gw eatable, blum boleh dipuja dan puji.. tapi pas abenk request besok masakan yg sama gw gk tega, dan gw ogah juga makan the same meal two days in a row, jd gw tawar spy masakin labu kuah santan dan terong goreng ntr hari sabtu ajah..

rencana menu besok :
pagi : masakin tumis sawi putih (LAGIIII??? koki cm menjalankan perintah tuan hehe) dan menggoreng ayam ungkep sbg bekal makan siang utk abenk.
sore : nasi, tumis kangkung saus tiram, ayam goreng ungkep.
sederhana ya menunya keluarga muda ini.. niatnya sih penyegaran, penghematan sekaligus diet haha.. kemaren2 kami banyakan makan di luar terus lama2 bosen juga.. sekarang malah lbh menikmatin makan masakan sendiri.. tapi tetep aja dine out jadi rescue plan klo masakan gw gatot haha

1 comment:

Gita said...

Contek resep terong gorengnya ya mbak.. Makasih.. :D