this is the place where i poured stories of my life, my thoughts, my feelings also my ideas.
there's excitement, sadness, laugh, desperate, anger, happiness, and other kind emotions.
i just hope that we can learn something..

Thursday, March 20, 2008

konro bakar


"tetap sehat, tetap semangat supaya kita bisa tetap jalan2 dan makan2," begitu biasanya mas bondan winarno mengakhiri acara wisata kuliner.. ternyata bener juga, klo long weekend gini emg kita kudu sehat dan semangat supaya jalan2 dan makan2nya makin asiiik hehe td pagi berangkat dari soroako jam 10, dari dormi bareng ama titin, kmi di anter ama ery ke airport.. sampe di tempat tujuan yaitu kota makassar, badan gk pake cape, cm laper aja krn sarapan-nya cm roti isi dadar telur dan sosis..

rencana awal kan kami berangkat kmrn sore ngebus barengan ama arum+daniel dan dewi+hani, tp rupanya kmrn sore abenk dpt call dr airport bilang bahwa gw dpt seat juga di flight kedua.. wiih senangnya, dr kmrn dikasi tau abenk dah confirm while gw msi waiting list, tp katanya ada satu keluarga 5-6 orang batal berangkat jd seatnya bisa dipake hehe menyenangkan, bisa ke makassar gk pake tersiksa di bus malam.. apalagi abenk dr kmrn kurang tidur krn nonton bola, klo maksa naik bus malam bisa2 malah KO pas sampe mks, klo gitu kan malah gk bs jalan2 dan repot sendiri..

dari airport kmi lgsg ke hotel adhyaksa.. dari lokasinya, gw rada apriori dan ngerasa hotel itu masuk kategori hotel ruko yg mostly dipake untuk kegiatan esek2.. pas gw konfirm ama mirsa (doi tinggal 100 meter dr hotel itu) dia bilang sih grupnya sama dgn hotel denpasar, hotel yg selama ini dikenal jd pelabuhan cinta insan dugem.. laaaah.. tp tak apa lah, toh ntinya cm dipake tidur aja, kami bakalan banyak di luar hotel dan nginepnya jg rame2.. cm gw gk henti2nya berdoa mudah2an sprei dan kamar mandinya bersih, walopun gw bawa toilet sanitizer jg untuk jaga2..

sampe hotel ternyata kamar kmi yg delux plus (rp250rb/malam) blm siap, jd kmi ke kamar hani nitip tas dan ngajakin makan siang.. gk pake lama, kami berenam naik dua taxi ke jln gunung lompobattang, ke kawasan rumah makan konro..

semuanya mesen konro bakar kecuali hani, doi mesennya sop konro.. hidangan iga itu enak jg, tumben gk terlalu berlemak, gw jd bisa enjoy dan ngebersihin tulang iga yg ada dipiring gw.. saus kacangnya jg yummy, kyanya lain kali gw bakalan ke rumah makan itu deh..

total kerusakan Rp30rb/pax, itu nasi, konro bakar+kuah dan minuman teh nu green tea 500ml. selama abenk dan anak2 pada ngantri bayar, gw sibuk motretin jajaran konro yg lg disiksa (kasian ya sapinya, dosa apa dia sampe dpt neraka dunia).. tiba2 ada mbak2 yg setau gw td ngelayanin kmi di dalem, dia menyapa gw,"mbak glenda ya?".

nah looo, bingung gw.. mengingat ini kunjungan gw yg perdana ke rumah makan konro, dan gw hampir gk pernah makan sapi selama SMA dan kuliah di mks, rada kaget juga ada waiter yg ngenalin gw, dan yg menakjubkan, it's been 6 or 7 years since i left makassar.. sooo, gw mengiyakan pertanyaan si embak dan gw balik nanya, kok dia tau gw.. trus dia bilang,"kan dulu mbak pelanggan disctara panakukkang, klo lg ngeborong bisa sampe 500rb gimana gk tau mbak glenda.." haiyaaaaahhh! itu thoooo, terjawab kebingungan gw.. akhirnya kmi ngobrol, namanya mbak dita, manajemen disctara yg br gk pake banyak orang, disctara yg dipanakukkang skrg pake orang2 baru yg pastinya lbh muda.. sayangnya gw gk nanya, dia waiter doang ato ada kepemilikan saham di rm konro itu, klo ada sahamnya kan lumayan, gw bisa minta diskon laen kali.. mbak dita itu jg gw kenalin ke abenk, orangnya ramah sih, gw jd inget mbak2 dan mas2 disctara yg dl biasa gw orderin macem2 CD hehe

kelar makan, hani pengen cari speaker set utk kompienya, jd kmi dengan pasangan masing2 berbondong2 konvoi pake tiga becak ke Makassar Trade Center.. deket ama rm konro tp gk dilewatin angkot jd kmi ngelawan arus naek becak.. awalnya cemas jg, panggul gw dan panggul abenk kan gk mungil, skeptis aja bakalan bisa muat di becak makassar yg setau gw kecil dan sempit.. ternyata oh ternyata, kami berdua muat, bisa duduk dengan nyaman tnp harus nonggeng ato maju sampe cm pantatnya doang yg nempel di jok ato mengalami siksaan2 temporer macam itu.. sumpe lo, gw berdua abenk amazed krn kmi muat2 aja dan si daeng beca yg kebetulan denger keheranan kmi bilang, "sekarang "kan sudah tahun 2008, beda too, beca makassar sudah besar2 mi.." hehe

liat deh, ekspresi pasangan berbadan subur yg bahagia krn gk mengalami siksaan duniawi, saking girangnya gw ma abenk sempet foto2 segala dlm beca di jalan lompobattang.. dgn ngeluarin lima rebu perak, a beca ride surely become one of my favourite ride, apalagi skrg dah pake shockbreaker segala, jd nyaman2 aja pas lewatin jalanan jelek ato speedbump..

dan gara2 nengok ke plang nama jalan Jendral Sudirman (di perempatan jl sudirman, ahmad yani, makassar mall dan jl jendral m yusuf -dahulu jl gunung bulusaraung-) gw kepikiran, selama di makassar ini gw punya agenda, berfoto di papan nama jalan besar yg ada huruf lontara-nya.. keren juga, menurut gw jd mirip yogyakarta yg pake huruf hanacaraka.. kata mirza, huruf lontara mulai diikutkan di papan nama jalan sejak tahun 2004 ato 2005.. dulu pas gw bermukim di kota makassar belum ada, jd pengen aja punya kenang2an berfoto dgn huruf lontara..


smiley happy couple
on a becak ride,
on a super sunny day!

No comments: