this is the place where i poured stories of my life, my thoughts, my feelings also my ideas.
there's excitement, sadness, laugh, desperate, anger, happiness, and other kind emotions.
i just hope that we can learn something..

Monday, March 10, 2008

tauranga..

we're going to tauranga, NZ!!!!
for how long god only knows..
we'll be fly out soon, hopefully this april.. hehe
critanya, abenk got to make some design with BECA for Inco's new plant, and the consultation alone will take a couple of months, based on BECA's proposal its approx beetween 3-7 months.. sementara itu, saat ini di sorowako, kantor abenk lg dibangun di depan pabrik, kapan hari dah keliatan rangka bangunan dan atapnya.. yg pasti nti abenk ngantor gk bareng ama temen2nya lg krn kantor baru bakalan berada disisi kiri jalan sorowako-malili while pabrik ada di sisi kanan jalan tersebut..
dari hasil browsing gw dapet info bahwa tauranga itu kota terbesar di wilayah Bay of Plenty (liat lingkaran merah), berada di pantai timur northern island-nya NZ. jaraknya sekitar 208 km dari Auckland yg bisa ditempuh selama 2,5 jam bermobil melintasi State highway 1 terus ke timur ke State Highway 2. Dari Coromandel Peninsula ambil Highway 25, ato Highway 26 ke waihi baru ke Highway 2..
selain bermobil, perjalanan darat bisa juga pake bus Intercity yg berangkat tiap hari dari Auckland, sementara untuk pilihan bepergian via udara dari Aucland ke tauranga ya bisa pake pesawat air new zealand tapi yg pasti gw ma abenk udah sepakat untuk jalan darat, tak lain dan tak bukan: utk liat2 alamnya dunks..
jalanan di NZ katanya termasuk sempit seperti jalan2 di P Jawa, tapi kalau memasuki kota2 besar spt Auckland & Wellington jalurnya udah ditambah.. too bad gk dijelasin si tauranga itu kategori kota kecil ato kota besar.. tapi yg menyenangkan adalah mereka menganut lalulintas lajur kiri, jadi buat kita yg orang indo gk bakalan bermasalah dlm nyesuaiin diri, palingan kudu inget utk lebih tertib dibanding nyetir di negeri sendiri hehe
disebutin di www.frommers.com, sebisa mungkin kita berjalan kaki aja di kota tauranga soale public transportnya limited bgt. belum lagi arus lalulintasnya padat dan kadang ampe macet segala, mirip jakarta kah??? tapi yg pasti pendatang di warning ama kesibukan lalulintas krn Tauranga itu kan port city, jadi banyak bgt truk raksasa yg pada menuju ke pelabuhan.. hmm kebayang daerah tanjung priok nih.. wekekeke
populasi penduduknya sekitar 116ribu, city to suburb.. buat orang indo gk bakalan kesulitan menyesuaikan diri dgn suhu disana krn katanya sih rata2 sekitar 24°C on summer, dan 14.5°C pada winter.. hal itu wajar aja krn tauranga berada di North Island, yg emg lebih hangat dari South Island.. gw curiga ni kota jd banyak pensiunan, tau sendiri kan orang tua banyak yg kena rematik dan biasanya nyari tempat yg hangat??!! tp klo gw liat web kotanya, daerah itu banyak extreme water sports (baca=banyak surfer) means perbandingan manula dgn anak2 muda-nya mungkin 50-50 kali yaa???
orientasi di tauranga, katanya gampang bgt navigasinya. ada kawasan Edgewater, itu multimillion dollar inner city redevelopment yg katanya tertata dengan indahnya. Terus ada Cameron Road yg jadi rute arteri utama. Ada jembatan toll yg merupakan short cut ke Mt. maunganui, dimana disitu bisa diliat Project Phoenix udah mengubah downtown shopping area jadi kawasan yg diteduhin palem. Pantai2nya sendiri gk kalah indah, membentang dengan pasir yg bersih didepan jajaran apartment dan rumah liburan. katanya nih, bentangan pantai berpasir putih dari Mt Maunganui ke Whakatane mencapai 60 km. jauh yaaa... ini juga yg bikin tauranga disebut Gold Coast-nya NZ, ikut2an gold Coast-nya AU ajah..
info lain dari web, katanya sih, buat orang yg cari kerja di tauranga bakalan miris krn gajinya jauh lebih rendah dibandingin kerjaan di auckland, padahal property disana mahal.. sutra lah, gw ma abenk kan gk bakalan pusing, toh hotel, makan dan sewa mobil (in other words semuanya kecuali oleh2) dibayarin kantor.. hmm, klo gw sewa sepeda kira2 bisa direimburse gk yaaaa?
down side dari NZ, dikenal sebagai wilayah yg banyak penduduknya kena skin cancer. disebut2 bahwa atmosfer di atas NZ-AU itu dah tipis banget shg efek buruk sang surya seperti UV gk kesaring lagi. tau sendiri kan, klo keseringan terpapar UV qta berpotensi terkena skin cancer. disarankan utk gk sering2 kena matahari antara jam 10-16, klopun terpaksa ya wajib pake topi yg lebar, sun block ato pakaian yg menutup kulit.. yg kya gitu mah udah kita praktekin di indo, bukan??
eh iya, si ferdy hasan yg presenter itu malah sempet kuliah marketing di Bay of Plenty Polytechnic.. klo aja gw kenal doi kan bisa nanya2 hehe

gw lanjutin lg paparan hasil riset gw..

tauranga juga dikenal sebagai kawasan industri buah kiwi di NZ, dan -katanya- hampir semua pekerja pemetik buah adalah pendatang ilegal, dan banyak di antaranya dari indonesia hehehe gw juga baru tau itu pas taun lalu ato sebelumnya, ada berita bahwa pemetik buah yg imigran ilegal dari indonesia mengalami kecelakaan kerja dan harus dirujuk ke rumah sakit di auckland..
gw blm kelar riset soal hotel, abenk bilang cari yg deket kantor BECA (Harrington Street) biar dia jalan kaki ato gw drop sesudahnya gw pake mobil utk jalan2.. skeptis jg gw, apalagi ada warning truk2 raksasa, gw paling males nyetir klo deketan ama truk.. tp emg dah jatah bakalan disewain mobil siiiy, jd kudu pinter2 memanfaatinnya...
di web kotanya, maret pas easter weekend ini full ama jazz festival, sayangnya blm muncul list utk bulan2 berikutnya.. nti gw bisa sambangin i-site visitor centre tauranga di Civic Centre, 95 Willow Street.. kudu ambil brosur sebanyak2nya, apalagi tauranga kan port city, pasti historynya bagus dan banyak situs sejarahnya tuh..

things to be done @ tauranga:
  • visit mt maunganui, gunung kecil di pantai ini katanya bisa didaki menuju puncaknya atau kalo ternyata gw pikir gk bakalan kuat, ya ntr dikelilingin aja, toh sama2 juga bisa melihat keindahan pemandangan laut
  • visit kiwi360, Rotorua/tauranga highway KM5 arah selatan ke te puke.. pengen liat industri kiwi multimillion dollar, katanya ngasi tur harian, taman tematik, toko suvenir kiwi dan pastinya restoran.. jd inget klo di lembang kan ada rumah stroberi, mungkin seperti itu juga kali yaa..
  • visit katikati, kota yg terkenal banget ama mural (lukisan dinding) dan tempat pemandian air panas... yup, it means kudu tahan mental menghirup bau busuk sulfur..
  • visit elms mission house @ mission and chapel streets, yg disebut2 sebagai contoh arsitektur kolonial terbaik pada masanya, tahun 1847. museum itu buka hari rabu, Sabtu dan Minggu setiap public holidays mulai jam 14-16, dgn HTM NZ$ 5. wih, buat gw yg suka sejarah dan bangunan kuno, bakalan jd surga gw nich..
  • visit cascades fountain garden (salah satu andalan garden trail-nya tauranga) di 170 Plummers Point Road, open daily dari jam 10-22, HTM NZ$ 10. Disebutkan, taman itu menawarkan fitur air mancur yg diperkuat tatalampu fantastis (seperti di clarke quay kah??)
  • visit mclaren falls park @ mclaren falls road, lahan seluas 170 hektar yg berisi perkebunan dan hortikultura yg punya koleksi botani terlengkap di North Island..
  • visit Prenzel of tauranga @ 171 Moffat Road (blm ngintip web-nya), tp yg pasti ini perusahaan distilasi liqueurs, schnapps, minyak zaitun dan produk memasak. katanya mereka buka tiap hari dan offer F-R-E-E shop tastings.. wiiiih, ada yg gratisan juga rupanya hehehe

list untuk tauranga segitu dulu, gw blm riset utk daerah luar tauranga padahal rencananya tiap weekend kita mau melarikan diri ke kota2 terdekat untuk jalan2.. mungkin juga ke gunung2 es-nya, mau juga gw belajar ski hehe juga dolphin watching ;-) oh iya, gw jd inget, kapan hari si Ian Wright, host-nya globe trekker kan sempet menjelajah NZ, dari wilayah hampir ujung utara (matari bay) ampe ke hampir ujung selatan (cristchurch).. dia nyobain semua moda transportasi, maen ke laut, gunung es, hutan, hot springs, city, semuanya.. dan yg gk boleh ketinggalan adalah, nonton dan doing hongi.. itu loo, salam adu hidung sambil melotot, yg jd tradisi penyambutan oleh Bangsa Maori.. gw liat orang maori kan kulitnya tanned cenderung gelap, tinggi, rambut keriting/ombak, mata dan idungnya gede.. ngeri juga kali yeee...

No comments: