this is the place where i poured stories of my life, my thoughts, my feelings also my ideas.
there's excitement, sadness, laugh, desperate, anger, happiness, and other kind emotions.
i just hope that we can learn something..

Friday, March 21, 2008

tamangapa



day 2 liburan di makassar diawali dengan kunjungan ke tanah tamangapa, pengen tau yg dilaporin tentang penimbunan tanah oleh developer, yg belum melakukan jual beli tanah ama gw n nyokap.. menurut gw ya developernya rada lancang aja, gk pernah ketemu ama pemilik tanah, ngerasa dah jd yg punya, padahal baru ngasi DP seuprit..

rencana kemaren sore tp mirza sakit dan gw pikir jg ujan jd malas ke site tanah gw.. mirza bilang jumat pagi2 aja, pake mobil dia sebelum ujan krn daerah itu msi gk jelas jalannya bagus apa rusak.. so, jumat jam 08.00 gw ma abenk dah sampe rumah mirza yg cm beberapa langkah dari hotel, ngobrol bentar ama nyokap dan bokap mirza, apalagi kan gw mau pinjem mobil dan anaknya hehe mirza selama ini bertindak sebagai penerjemah bahasa makassar.. mr siradjuddin (mirza's dad) bilang, mirza itu menguasai bahasa makassar sekitar 80%, jd keliatannya gk sia2 gw selalu ngajakin dia.. hehe

naaah, menuju tanah tamangapa itu gw dah rada lupa, soale jarang didatengin, terakhir april 2006.. tapi gw inget bahwa lokasinya sekitar 6.5 km dari superstore alfa panakukkang ato 7 km dari mal panakukkang.. jd gw perhatiin tripmeter di mobil krista mirza, angkanya ***62 jd gw berasumsi pada ***69 kita nyampe di tempat tujuan.. bener deh, gk terlalu lama kita sampe di lokasi walopun parkir mobilnya kejauhan..

pas kami dateng di lokasi emang ada kegiatan, bukan penimbunan/perataan tanah pake alat berat.. ada alat berat, dan jalan masuk yg tadinya kebun itu sudah rata permukannya dengan jalan raya, batas lahan yg dulu cuma pohon2 udah dibuatin semacam parit pondasi.. lumayan rapi lah kerjaannya.. tapi sawah2 yg ada dibelakang lahan jalan masuk itu blm diapa2in, cm keliatan tergenang air aja (biasanya kan jd sawah yg ditanemin padi dan sisanya kacang hijau)..

kegiatan yg terlihat di lokasi adalah nebang pohon jambu (gw pernah ngerasain jambu pas berbuah taon 1999).. diawasin bapak haji pake kupluk, baju koko dan sarung.. pekerjanya ada sekitar 4-5 orang.. salah seorang penduduk deketin gw, bilang gw ditunggu naja (ex driver bokap yg bertindak sebagai makelar) di rumahnya di downtown tp gw bilang gw gk tau bakalan sempet ketemu apa kagak soale hari ini kan jumat agung, ada rencana ikut ibadah peringatan sengsara yesus di golgota, itu juga blm jelas mau ke greja GPIB ato greja Katholik..

soo, gw ketemu ama daeng ella (ibu yg tinggal disamping jalan masuk lahan gw) dan anaknya (cowo yg lapor ke gw soal penimbunan oleh developer), dan nanya2 soal kegiatan itu.. kasian juga mereka, selama ini kan kerjaannya jd petani penggarap di lahan 4,5 ha (bersama beberapa penggarap laen), jd sistem bagi hasil selama ini ya mandeg sejak awal tahun. "sudah tidak boleh ditanami lagi mi, dia bilang sudah beli dari ibu," kata daeng ella yg udah menjanda sejak februari 2007. kasian juga sih dengernya, dan marah ama developernya.. dari mereka gw dpt info, orang yg mau beli tanah itu namanya RB alias MR, dari perusahaan developer PT Dua Pilar Utama..

well, gw cuma bisa ambil foto2 sebelum bergerak lebih lanjut.. rencana besok abenk balik ke sorowako dan gw stay di mks selama beberapa hari ngumpulin fakta sebelum ngasi laporan ke nyokap soal situasi terkini dalam rencana jual beli tanah tamangapa.. i can smell something fishy!!


No comments: