this is the place where i poured stories of my life, my thoughts, my feelings also my ideas.
there's excitement, sadness, laugh, desperate, anger, happiness, and other kind emotions.
i just hope that we can learn something..

Wednesday, March 12, 2008

terang bulan 1st batch..



hari ini gw masak nasi uduk, oseng kacang panjang, tempe dan tahu bumbu kecap pedas dan perkedel tuna, andalan di hari rabu niy... berhubung masaknya banyak jd ngundang andri dr kamar sebelah.. kelar makan andri ngajakin abenk maen game DOTA di kamarnya.. kebeneran, pikir gw.. pas banget gw mau nyoba bikin martabak manis alias terang bulan.. rencana awal klo enak ya gw bagi2 ke para gamers, klo nggak ya masuk tong sampah aja hahaha

gw dapet resepnya dari dapurbunda, penulisnya mbak dewi anwar (thx for the recipe).. semua step2nya gw ikuti, tapi pas mateng si martabak gw itu gk banyak rongga2nya.. rada bingung jg gw, kemungkinan di masalah pengocokan adonan (pake kocokan manual instead of mixer), penyimpanan ragi (sdh dlm suhu ruang), pengembangan adonan (ud gw simpen di dlm microwave sejam), ato besar api pas masak (gede, trus gw kecilin, mungkin kekecilan kali ya tu suhu 100).. abenk yg gw ajak discuss jg gk tau letak permasalahannya, jd he's not helping at all kecuali pas ngocok adonan hehe

anyway, martabak buatan sendiri emang lebih enak krn gk terlalu manis dan gk terlalu berminyak.. martabak buatan gw bisa dimakan sih, cm kerasa gk spongy alias bantet dan gk cantik krn kurang berongga.. dan tambahan kritik dari abenk, dari si martabak manis ini msi kecium bau telur so it means msi kurang mateng.. soo, kesimpulannya martabak itu cm diicip beberapa potong dan sisanya masuk tong sampah..

next time gw mau coba lagi, pake resep yg sama soale cm resep mbak dewi ini yg jadinya satu pan, yg laennya rata2 untuk dua ato tiga pan.. buat gw yg gk gape matematika ya males aja klo kudu ngitung perbandingan bahan lagi.. hehe

Martabak Manis

bahan A :
125 gr tepung segitiga biru, ayak
25 gr gula pasir
1/4 sdt baking powder
1/4 sdt garam
175 ml air (as usual gw prefer pake susu)
1/2 sdt ragi instant

bahan B :
2 butir telur
1/8 sdt soda kue
25 gr gula pasir

bahan tambahan
gula pasir
margarin untuk olesan
susu kental manis
keju cheddar ato meises ato kacang tanah sangrai cincang kasar



cara membuat

  • kocok dengan mixer bahan A (kecuali ragi) sampai lembut, masukan ragi, aduk rata, diamkan selama 1-2 jam
  • kocok lepas bahan B, lalu masukan kedalam adonan A, aduk rata.
  • panaskan loyang martabak, tuang adonan, ratakan pinggirnya.
  • tunggu sampai adonan mengeluarkan buih, membentuk rongga2, lalu taburi gula pasir, tutup loyangnya, biarkan matang
  • angkat martabak, pindahin ke tempat datar (mis talenan), belah dua sama rata,
  • pas msi panas2 itu kita olesi dgn margarin, tuang susu kental manis sedikit2, taburi keju parut ato taburan yg disukai lalu tutup dgn bagian martabak yg sebelah
  • siap disajikan.

No comments: