this is the place where i poured stories of my life, my thoughts, my feelings also my ideas.
there's excitement, sadness, laugh, desperate, anger, happiness, and other kind emotions.
i just hope that we can learn something..

Wednesday, March 26, 2008

flying with cassa

untuk pertama kalinya gw naik pesawat mungil, tripnya UPG-SQR, sendiri tanpa abenk krn dia dah balik duluan hr sabtu (22/3) kmrn.. sesuai pesan hubby bahwa gw hrs check in di airport jam 07.30 wita, maka gw berusaha bangun jam 05.40 dan ninggalin rumah mirsa jam 07.00.. taxi bosowa (call 0411-454545) yg gw pesen jg tepat waktu dan drivernya mengemudi dengan cara yg menyenangkan, cepat tapi safe dan gk bikin gw carsick.. jam 07.40 gw sampe di sultan hasanuddin airport dan masuk, di security gate yg biasanya dijaga petugas pemeriksa gw cuma bilang," mau naik pelita" dan gw boleh lewat.. biasanya kan emg hanya penumpang bertiket ato pemegang pas masuk, yg boleh masuk ke check-in area.. sesampenya di desk pelita, gw menghadapi dua petugas dan menyebut nama,"glenda." ada! jd aman -inget januari lalu, abenk confirm gw waiting list HUH!!- langsung deh masukin bagasi berupa travelling bag dan box dari toko kerajinan sedangkan my nine west shoulder bag juga plastic bag (berisi dokumen dan pan pizza) gw tenteng.. dari petugas gw dapet selembar boarding pass berikut voucher untuk menunggu toraja executive lounge.. tapiii, berhubung di boarding pass cm ada logo pelita (si kuda laut), flight number 669 upg-sqr dan nama gw, tanpa ada tempelan seat seperti biasa.. gw tanya, seatnya mana dan si petugas pelita bilang duduknya bebas aja.. setelah bayar airport tax (rp30rb, while dr SQR-UPG airport tax-nya hanya Rp5rb) dan pajak pemda, gw bli rotiboy (package isi enam) pesanan abenk (utk dia dan ery, org yg gw gk terlalu kenal tp menurut gw baik bgt krn bbrp kali anter jemput kmi ke airport).. abis beli koran kompas, gw ke toraja exec lounge dan duduk tenang membaca.. kenalan ama bpk roy yg ternyata punya ponakan kerja di inco, mario (gw cm tau aja, abenk ksi tau pas greja katholik).. selama nunggu, gw sarapan secangkir teh ditemani empat tahu goreng (tipis2 kok hehe), dua potong singkong goreng, sepotong rollcake, dan kue sakura.. temennya banyak ya, tp jgn watir, keliatnnya banyak pdhl kecil2 kok, piringnya kan tatakan cangkir gitu.. hehe ngeles bangeeet!!! kelar makan gw ngintip monitor jadwal keberangkatan, sampe yg jam 09.15 namanya pelita gk tercantum, pdhl seinget gw abenk bilang 08.45 jd gw sms dia utk mastiin..
turns out abenk malah ngasi kabar, pswtnya bukan dash-7 yg biasa melainkan cassa, yg kecil, mungil dan jd replacementnya dash-7 yg lg dimaintenance.. dan berhubung kapasitasnya hanya 15 passenger, akan ada waiting list dari penumpang dash-7 yg biasanya mencapai 40-an orang.. aku nyari iriansyah -orang yg biasa ngurus masalah penerbangan inco di hasanuddin airport- untuk mengamankan seat gw.. ya iya lah, secara gw dah bangun pagi2, bawa otak2 yg bisa aja basi klo kelamaan di suhu ruangan, dan ud berharap bisa sampe sorowako sblm jam 12.00, menurut gw wajar aja gw jd a bit cranky.. iriansyah bilang, tunggu di gate 5 nanti akan dipanggil nama2 orang yg bisa terbang pake casa jam 09.30.. mm, msi serba uncertain dan gw bete aja krn artinya gw kudu ninggalin empuknya sofa di lounge dan ikut menunggu di kursi bandara yg keras bersama dua tas pizza dan rotiboy.. hrrrrghh!! di dpn gate 5 ada dua bule yg gw yakin mau ke sorowako juga, dan bener aja mrk pegang boarding pass yg sama spt punya gw.. tadinya gw dah mau sebel aja krn tau mrk pst berangkat.. abenk pernah bilang, manager-bule-karyawan itu prioritas, istri yg udah relokasi juga dah msk prioritas, sementara warga umum itu kastanya paling rendah dan harap2 cemas dlm menanti kepastian berangkat.. gw yg blm relokasi sama aja dgn warga umum, dan itu bikin gw tambah cemas..
ternyata jam 09.30, sejumlah petugas pelita dah ngumpul di depan gate 5, dan salah satunya menghampiri dua bule itu, dr gesturenya sih ngasi tau mrk bisa boarding.. beberapa orang termasuk gw ngintil juga, dan THANK GOD my name was on the list.. YIPEEEE!!! para calon penumpang dihadang bus airport, si dua bule naik dan gw duduk dkt mereka.. i was overheard, yg cewe rada bingung knp mrk naik bus sementara didepan gate berjajar pesawat garuda, lion, sriwijaya, merpati, batavia dan express air.. gw iseng nyapa dan nanya apa mereka mau ke SQR, mereka bilang bener.. dan gw bilang klo mau naik pesawat ke SQR dilayanin dengan bus krn parkiran pesawatnya paling jauh, dkt airbase AU, dan gw ksi tau krn jumlah orang yg onboard dlm bus itu hanya belasan orang, means kita naik pesawat cassa. the man named steven and the lady (sory i forgot her name), they're 50 something, bukan husband and wife, mau ngunjungin teman mrk (expat pastinya) di sorowako selama dua pekan.. yg cewe itu semacam observer lingkungan/biologist sementara yg cowo itu apa ya, gw lupa.. mrk nanya apa gw kerja di inco, gw bilang enggak, sekarang ini gw JUST a HOUSEWIFE.. the lady answered, "glenda, being a housewife is not a just" dan steven added,"being a housewife is a hard work", dan keduanya senyum yg gw artikan sebagai senyum kebijaksanaan hehehe sekitar dua menit ngebus mulai keliatan si cassa itu dan gw ksi tau itu lah pswt yg akan ngebawa kita ke sorowako, the lady a bit worried dan nanya itu pesawat apaan kecil banget, steven jawab itu turbo prop, tapi dia tetep pgn tau itu pesawat kelas/namanya apaan dgn bandingan misalnya boeing.. gw iseng aja bilang itu cassa. the lady nodded. jd inget, kpn hari ngomongin soal kata airplane dan aircraft gara2 nonton film FLYING BOYS, ttg legiun asing yg jd penerbang airforce-nya prancis pas perang dunia I. disitu disebutkan pesawat = aircraft krn bentuknya bener2 spt craft alias hasil kerajinan tangan krn waktu itu pswt perangnya msi dr kayu dan alumunium seadanya.. naah, pswt cassa yg mungil ini, klo menurut gw sih masuk dalam kategori aircraft instead of airplane hehe dari bus, menjejak tanah, berhadapan dengan pesawat dan untuk naik kita pake tangga kayu bercat kuning (spt podium kejuaraan tarkam hehe) dan pas masuk ke kabin pesawat VOILAA!! mirip2 kopaja man!! kursinya gk genep di atas kepala krn cm sampe bahu, kursinya kurus keliatan besi2nya dan yg empuk2nya cm di bagian yg didudukin dan disandarin, itu juga gk tebal2 amat.. tampak samping mirip kursi kopaja euy.. gw duduk di kursi 1A (seatnya 1+2, lima row means ada 15 seat), bisa ngintip cabin pilot, stewardessnya cm satu orang, cantik mirip audy, snacknya seperti biasa berisi tiga potong cake/roti dan satu gelas air mineral.. setelah mesin pesawat dinyalain, kmi diminta duduk tenang, pake seatbelt dan earmuff (peredam bunyi bising) dan menikmati penerbangan..
pas udah take off, getarnya tetap kerasa, kepala gk bisa nyandar (gk ada sandaran dan klopun mau nyandar ke dinding cabin kehalang ama earmuff, dan efeknya kita malah pusing krn getarnya pesawat ngalir ke kepala hehe) jd gw gk mungkin tidur selama penerbangan berdurasi 1 jam 20 menit itu.. eh iya, getarnya juga kerasa dibokong lo, gw serasa dudukin vibrator hehehe liat ke kanan orang2 pada baca krn gk mungkin ngobrol, giliran liat kiri di jendela yg ada cm awan dan dibawahnya cm ada tambak/sawah/sungai/hutan/gunung.. soo, gw lanjutin baca kompas, lg rame soal skandal jaksa BLBI..
pas udah kelar baca, gw nengok ke jendela, mulai keliatan air, means pesawat dah mau nyebrangin teluk bone dan itu artinya udah dekat ama sorowako.. dan emang gk lama kemudian kita dikasi tau udah hampir sampe sorowako dan gw mulai foto2 pemandangan.. iseng banget, pst begitu kata orang yg liat kelakuan gw.. keliatan deh site tambang, pond, villa sumasang, kota sorowako, dormi, perumahan pontada/salonsa, danau juga, pas udah keliatan lapangan golf dah kerasa pswt mulai landing, muluuuuuusss..
setelah disembark, kmi nunggu bagasi.. gw ngobrol ama debbie and eddie, expat yg jemput steven and the lady.. gw inget, td begitu pesawat touched down, the lady (she looks beautiful and sounds so smart, killer combo!!) seems relieved and happy haha i wish she knew that i was as excited as her.. hehe seumur2 gw naik pesawat kecil cm rotary wing alias heli, punya gudang garam dan itu pun jarak dekat banget.. yg barusan itu bener2 cabaran yg teruk, tp next time gw gk bakalan cemas lg, pan udah pernaaaaah hehehe selama ngobrol ngisi waktu dgn expats itu, gw celingukan nyari abenk yg blm keliatan, bagasi gw yg ada cm travelling bag sementara box berisi otak2 itu katanya bakalan ikut ama dash-7 yg ntr sore.. waaaaks, cemas mode on- inget otak2 gw bakalan survive apa kagak..
tp gk lama kemudian abenk muncul, looking handsome, kangen bgt ud pisah empat hari hehe.. dia nawarin gw bungkus makanan dr resto padang tp gw males krn dah deket ama jam lunch break, kesian abenk juga ntr kelamaan keluar di jam bukan jam istirahat.. lagian gw juga pgn cepet2 ke dormi, dan bongkar2 bawaan, dan order delivery adhimaya ajah.. abis itu gw sendirian di dormi, abenk balik ke kantor.. opsi gw antara nonton oprah, tidur siang ato ngeblog.. pilihannya jelas kaan?